Pembangunan Berhasil Dibarengi Perencanaan yang Tepat dan Data Akurat

Kamis, 07 Maret 2024, 08:32 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Pembangunan Berhasil Dibarengi Perencanaan yang Tepat dan Data Akurat
Sekda Bukittinggi, Martias Wanto bersama Kepala BPS Bukittinggi, Abdi Gunawan dan jajaran, foto bersama usai kegiatan yang digelar BPS bersama Pemko Bukittinggi tentang pembinaan statistik sektoral 2024, Selasa. (hamriadi)

BUKITTINGGI (5/3/2024) - Sekda Bukittinggi, Martias Wanto mengatakan, perencanaan yang tepat adalah perencanaan berbasis data.

"Pembangunan yang berhasil, merupakan pembangunan berbasis perencanaan yang tepat. Data merupakan aset penting bagi pembangunan suatu daerah," ungkap Martias Wanto di Bukittinggi.

Hal itu dikatakan Martias, saat mewakili Wali Kota Bukittinggi, pada kegiatan yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Pemko Bukittinggi tentang pembinaan statistik sektoral 2024, Selasa.

Sekda Martias yang didampingi Kabid Statistik dan IKP Diskominfo, Ramon Arisa Putra menyampaikan, tahun 2023 Bukittinggi jadi kota dengan kenaikan IPM tercepat di Sumbar.

Baca juga: Komoditas Pangan Picu Inflasi Bulan Mei di Sumbar, Bencana dan Jalan Nasional Putus jadi Faktor Pemicu

Bukittinggi juga jadi kota dengan upaya penekanan angka kemiskinan terbesar di Sumbar.

Keberhasilan ini, sesuai arahan wali kota untuk lebih prioritaskan pembangunan ekonomi masyarakat dibanding pembangunan fisik.

Hal ini tentu diawali dengan perencanaan yang tepat, melalui data yang akurat.

Kepala BPS Bukittinggi, Abdi Gunawan menjelaskan, kegiatan ini menjadi salah satiu langkah untuk menyukseskan program satu data.

Baca juga: 317 Jemaah Haji Bukittinggi Dilepas, Ini Harapan Sekda

Pembinaan statistik sektoral ini merupakan upaya untuk mencapai program satu Indonesia.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: