Agam Utus Kabid IKP Ikuti Sosialisasi Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO

Rabu, 06 Maret 2024, 15:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam Utus Kabid IKP Ikuti Sosialisasi Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO
Redaktur pelaksana Info Publik Direktorat Pengelolaan Media Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Muhammad Taofik Rauf jadi pemateri pada kelas jurnalisme pemerintah yang ramah SEO, Selasa. (humas)

AGAM (6/3/2024) - Kepala Bidang IKP Diskominfo Agam, Antono ikuti kegiatan sosialisasi jurnalisme pemerintah yang ramah terhadap Search Engine Optimization (SEO).

Kegiatan yang digelar di Trans Convention Center Bandung, Selasa (5/3/2024) itu, diikuti utusan 110 Dinas Komunikasi dan Informatika dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Sosialisasi Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO merupakan upaya untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat konten berita pemerintah di mesin pencari seperti google," ungkap Antono.

Acara tersebut juga mencakup sosialisasi lainnya seperti jurnalisme data, mobile jurnalisme dan media relation.

Baca juga: Tahapan Vertual Perseorangan Pilkada, Tersisa 2 Paslon se-Sumatera Barat, Ini Daerah dan Calonnya

Sementara, Muhammad Taofik Rauf, redaktur pelaksana Info Publik Direktorat Pengelolaan Media Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, jadi pemateri pada kelas jurnalisme pemerintah yang ramah SEO.

Dalam paparannya, Rauf menyampaikan, tujuan jurnalistik pemerintahan adalah menyebarkan informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberdayakan mereka.

Kemudian, meningkatkan partisipasi publik terhadap kebijakan pemerintah serta mempercepat penyebaran informasi dan membentuk opini positif terhadap negara dan pemerintah.

Rauf menekankan bahwa berita yang dihasilkan harus memberikan pendidikan, penguatan, dan pencerahan bagi masyarakat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

Baca juga: Pilkada Serentak 2024, Hanya 3 Bapaslon Perseorangan Serahkan Dukungan se-Sumbar, Bukittinggi dan Limapuluh Kota

Selain itu, dalam proses penyusunan berita, perlu menjawab kebutuhan masyarakat dan tidak hanya menyampaikan pelaksanaan kegiatan pimpinan, tetapi juga harus mencakup tanggapan masyarakat untuk mencapai keseimbangan (cek & balance).

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: