Pilkada Serentak 2024 se-Sumbar, 8 Daerah Head to Head, 1 Lawan Kotak Kosong, 1 Perseorangan, Payakumbuh Paslon Terbanyak

Jumat, 30 Agustus 2024, 17:10 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Pilkada Serentak 2024 se-Sumbar, 8 Daerah Head to Head, 1 Lawan Kotak Kosong, 1...
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (30/8/2024) - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak nasional 2024 di Sumatera Barat, diikuti 56 pasangan calon (Paslon).

"Dari 56 pasangan calon itu, satu pasangan di antaranya adalah calon perseorangan di Kota Bukittinggi," ungkap Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen di Padang, Jumat.

Pasangan calon itu terdiri dari Paslon gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota serta bupati dan wakil bupati.

Data yang dihimpun valoranews, pemilihan bupati dan wakil bupati Dharmasraya akan melawan kotak kosong karena hanya ada satu pasangan calon (lihat tabel).

Baca juga: Syarat Calon 2 Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Dinyatakan Memenuhi Syarat

Selain itu, juga terdapat satu pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan. Yakni pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bukittinggi.

Selain itu, dari 12 kabupaten dan 7 kota yang menggelar Pilkada serentak 2024 di Sumbar, Kota Payakumbuh tercatat sebagai daerah dengan calon terbanyak yakni 5 pasangan calon.

Sementara, Pilkada yang akan berlangsung head to head alias hanya diikuti dua pasangan calon, terjadi di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar, pemilihan bupati dan wakil bupati Padang Pariaman dan pemilihan bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan.

Kemudian, pemilihan bupati dan wakil bupati Sijunjung, pemilihan bupati dan wakil bupati Solok Selatan serta pemilihan bupati dan wakil bupati Tanah Datar.

Baca juga: Dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Dinyatakan Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba

Selanjutnya, pemilihan wali kota dan wakil wali kota Solok serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota Sawahlunto.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: