Lubuk Basung Raih Adipura Kategori Kota Kecil, Bupati: Target Adipura Kencana di 2024

Rabu, 06 Maret 2024, 14:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Lubuk Basung Raih Adipura Kategori Kota Kecil, Bupati: Target Adipura Kencana di 2024
Bupati Agam, Andri Warman bersama Piala Adipura kategori kota kecil yang diraih untuk kedua kalinya, di Jakarta, Selasa. (humas)

JAKARTA (5/3/2024) -- Kota Lubuk Basung dinobatkan sebagai peraih Adipura Tahun 2023 untuk kategori kota kecil. Ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya diterima.

"Jika mampu mempertahankan Piala Adipura ini tiga tahun berturut-turut, maka Piala Adipura Kencana bisa didapatkan. Kita menargetkan hal ini bisa dicapai tahun depan," ungkap Bupati Agam, Andri Warman usai menerima Piala Adipura di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Dengan sejumlah upaya yang telah dilakukan, Andri Warman meyakini predikat yang sama juga akan mampu diraih Kota Lubuk Basung.

Apalagi, katanya, saat ini telah ada alat pengolah sampah menjadi bahan bakar minyak di daerahnya.

Baca juga: Ribuan Bungkus Nasi Didistribusikan dari Dapur Umum, Andri Warman: Semua Korban harus Dapat Tanpa Terkecuali

"Kami juga tengah memikirkan, bagaimana mengurai sampah di Agam Timur dan Bukittinggi, sehingga di daerah itu juga mempunyai tempat pembuangan akhir seperti di Lubuk Basung," tuturnya.

Selain itu, katanya, indikator lain dari kemajuan pengelolaan sampah yakni tertatanya dengan rapi dan bersih pasar-pasar tradisional, tempat wisata dan fasilitas umum lainnya.

"Agam juga sudah punya nagari zero sampah, ini akan kita tularkan ke nagari-nagari yang lain, sehingga kebersihan lingkungan makin masif," katanya.

Masalah pengelolaan sampah diakui bupati bukanlah perkara mudah. Apalagi katanya, saat ini hanya ada bupati tanpa wakil bupati yang menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Agam.

Baca juga: Banjir Bandang di Agam, BNPB Siap Bantu Perbaikan Infrastruktur Krusial

"Meski lelah, tentu kami tetap bersyukur. Adipura ini menjadi bukti nyata roda pemerintahan masih berjalan dengan baik," ungkapnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: