Zarfi Deson Sosialisasikan Bahaya Napza ke Warga Kecamatan Sutera dan Bayang

Selasa, 05 Maret 2024, 08:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Zarfi Deson Sosialisasikan Bahaya Napza ke Warga Kecamatan Sutera dan Bayang
Anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson menerangkan tentang bahaya Napza saat sosialisasi Perda Sumatera Barat No 9 Tahun 2018 di Kecamatan Sutra dan Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan, 5-6 Februari 2024. (humas)

PESSEL (5/2/2024) - Anggota DPRD Sumatera Barat, Zarfi Deson menegaskan, membangun kesadaran bersama akan bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (Napza) perlu terus diikhtiarkan.

"Langkah proaktif itu tidak hanya sekadar memberikan pemahaman pada masyarakat, tetapi juga pentingnya mengajak masyarakat terlibat aktif dalam memerangi masalah Napza ini," ungkap Zafri Deson.

Hal itu dikatakan Zafri saat sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Sumatera Barat No 9 Tahun 2018 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA di Kecamatan Sutra dan Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, tanggal 5-6 Februari 2024.

Dikatakan Zafri, Perda ini juga mengatur tentang partisipasi yang bisa dilakukan masyarakat dalam pencegahan NAPZA melalui keluarga, ormas, organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat.

Baca juga: Sosper No 9 Tahun 2018 di Solok, Suwirpen: Napza Sudah Merambah Generasi Muda di Pedesaan

Partisipasi tersebut dapat dilakukan dengan menanamkan nilai nilai agama dan adat kepada anak, meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga.

Kemudian, dengan cara mengawasi perilaku dan tindakan anak di dalam dan luar rumah.

"Juga dapat dilakukan dengan memberikan edukasi dan informasi yang akurat kepada anggota keluarga mengenai bahaya Napza," ungkap Zafri Deson.

Dikatakan, sasaran aktivitas pencegahan Napzza ini adalah masyarakat, mahasiswa, peserta didik dan orangtua, tempat usaha, hotel, rumah ibadah dan tempat hiburan dan tentu saja PNS dilingkungan pemerintah daerah.

Baca juga: Safari Ramadhan di Kambang Barat, Zarfi Deson Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Pasca Pemilu 2024

"Mari bersama-sama menjadi garda terdepan dalam menjaga generasi masa depan," ajak Zarfi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: