Pemilu 2024, Nasdem Pecah Telor, Langsung Rebut 2 Kursi di Dapil Sumbar I

Senin, 04 Maret 2024, 01:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Pemilu 2024, Nasdem Pecah Telor, Langsung Rebut 2 Kursi di Dapil Sumbar I
Ilustrasi.

Seperti, mengajukan 1 orang petahana DPRD Sumbar, Gustami Hidayat, dua orang petahana DPRD Padang, Muhidi dan Andi Wijaya Kusuma.

Kemudian, menempatkan mantan Ketua Baznas Padang, Epi Santoso dan Asnel (mantan Sekda Kota Padang) dalam barisan Caleg pada Dapil di ibu kota provinsi Sumbar ini.

Sementara, petahana DPRD Sumbar lainnya, Rahmat Saleh, memilih maju ke DPR RI di Dapil 1 Sumatera Barat.

Baca juga: Erman Safar Daftar jadi Calon Wali Kota ke Partai Golkar, Partai Kelima yang Dilirik untuk Nyalon

Strategi PKS ini terbilang berhasil. Selain itu, Muhidi yang notabene naik kelas ke level provinsi, perolehan suaranya juga menggungguli petahana, Gustami Hidayat.

Keberhasilan PKS mempertahankan kursi ini, tak diiringi keberhasilan Partai Gerindra dalam mempertahankan tiga kursi yang diraih pada Pemilu 2019 lalu.

Padahal, partai besutan Prabowo Subianto itu menerjunkan dua orang petahana DPRD Sumbar, Evi Yandri dan Hidayat pada nomor urut 1 dan 2 serta petahana Ketua DPRD Padang 2019-2024, Syafrial Kani di nomor urut 8.

Kemudian, Veri Mulyadi di nomor 4, Megri Vernando (Ketua KNPI Padang) di nomor urut 10 dan Harris Hidayat Dt Batuah (Sekretaris Umum PSP) pada nomor urut 7.

Nasib harus kehilangan kursi, berlanjut ke PAN. Petahana yang tergusur dari kursi parlemen untuk periode 2024-2029, Maigus Nasir yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Padang.

PAN menyisakan satu kursi yang diraih Ketua PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo yang akan menjabat untuk periode keempat kalinya.

Hilangnya 1 kursi Gerindra dan PAN ini, direbut Partai Nasdem yang sebelumnya tidak mendapatkan kursi di Dapil Sumbar I.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: