Bupati Agam Ajak Warga Kendalikan Pembuangan Sampah

Selasa, 27 Februari 2024, 15:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bupati Agam Ajak Warga Kendalikan Pembuangan Sampah
Bupati Agam, Andri Warman beserta jajaran, foto bersama dengan santri TPQ Masjid Baiturahmah Simpang IV Mato Aia usai kegiatan goro bersama, Ahad. (humas)

AGAM (27/2/2024) - Bupati Agam, Andri Warman menegaskan, sampah merupakan isu krusial yang harus ditangani secara komprehensif. Jika tidak, akan mengganggu lingkungan.

"Kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cumateh I Jorong Sungai Jariang, lama kelamaan akan over capacity. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat dalam pengendalian sampah sangat diharapkan," ungkap Andri Warman.

Hal itu disampaikan Andri Warman saat gotong-royong bersama masyarakat Jorong Simpang IV Mato Aie, Nagari Lubuk Basung, Ahad (25/2/2024).

Gotong-royong ini digelar dalam rangka peringatan Hari Sampah Nasional. Acara tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan dan lingkungan.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Menurut Andri Warman, masyarakat harus berperan aktif dalam mengendalikan sampah, mengingat TPA di Jorong Cumateh juga menampung sampah dari daerah lain yang dapat menyebabkan penuhnya tempat pembuangan tersebut dalam waktu cepat dari perkiraan awal.

Disamping itu, Andri Warman juga menginformasikan tentang penemuan metode pengolahan sampah yang dapat menghasilkan bahan bakar minyak, terutama dari sampah plastik.

Metode ini dipandang akan dapat menambah pendapatan masyarakat.

"Dengan 100 Kg Sampah plastik, dapat menghasilkan 100 liter BBM," jelas Andri Warman.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Afniwirman dalam paparannya menekankan, sampah merupakan musuh bersama dan salah satu faktor yang merusak lingkungan hidup.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: