Prakiraan BMKG, Potensi Hujan Berlanjut Hingga Dasarian III Februari 2024, Ini Arahan Gubernur Sumbar

Sabtu, 24 Februari 2024, 23:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Prakiraan BMKG, Potensi Hujan Berlanjut Hingga Dasarian III Februari 2024, Ini Arahan...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

PADANG (23/02/2024) - Balai Besar Wilayah I BMKG merilis situasi El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) pada Dasarian III Februari 2024 di Sumbar, diprakirakan akan menuju netral pada April 2024 mendatang.

"Secara umum, sebagian besar wilayah Sumbar selama Dasarian II Februari 2024 memang berada pada periode musim hujan dan perkiraannya masih berlanjut untuk Dasarian III atau 10 hari terakhir Bulan Februari ini," ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengutip data yang dirilis BMKG, di Padang, Jumat.

Atas data itu, Mahyeldi mengimbau instansi terkait dan seluruh warga Sumbar, untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana selama Dasarian III Februari 2024.

Sebab, sebagian besar wilayah Sumbar diperkirakan masih berada dalam periode musim hujan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ajak Danrem 032/Wbr Susuri Jalan Tol Padang-Sicincin dengan Motor Trabas

Menurut Mahyeldi, tetap diperlukan peningkatan kewaspadaan di seluruh Wilayah Sumbar, untuk mengantisipasi potensi kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan longsor. Termasuk potensi dampak yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

"Kami mengimbau, instansi terkait di lingkup Pemprov Sumbar, seperti BPBD, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan, selalu bersiap siaga dan menjalin komunikasi dengan instansi vertikal terkait serta pemerintah kabupaten/kota di Sumbar."

"Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi bencana, kita selalu siap mengantisipasi potensi dampaknya bagi masyarakat," ujar Mahyeldi.

Di samping itu, kata dia, masyarakat diimbau untuk turut meningkatkan kewaspadaan dan hidup berdampingan dengan alam.

Baca juga: Gubernur Sumbar Klaim Target Cetak 100 Ribu Wirausahawan Telah Terlampui

Sebab, dengan demikian potensi bencana hidrometorologi akan dapat diminimalisir.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: