Komnas HAM Pantau Pemilu 2024 di Sumut; Rumah Sakit Disiagakan hingga Penghitungan Suara Selesai

Rabu, 14 Februari 2024, 08:15 WIB | News | Provinsi Sumatra Utara
Komnas HAM Pantau Pemilu 2024 di Sumut; Rumah Sakit Disiagakan hingga Penghitungan Suara...
Komisioner Komnas HAM Saurlin Siagian usai berdialog dengan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin di ruang kerja gubernur, Lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa. (humas)

MEDAN(13/2/2024) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) lakukan pemantauan pelaksanaan Pemilu secara nasional, termasuk Sumut. Komnas HAM juga memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan baik.

Fokus pemantauan Komnas HAM RI di antaranya memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparat keamanan melaksanakan tugasnya dengan baik saat Pemilu.

"Komnas HAM juga ingin memastikan seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih, mendapat kesempatan yang sama," ungkap Komisioner Komnas HAM RI, Saurlin Siagian di Medan, Selasa.

Hal itu dikatakan Saurlin Siagian saat berdialog dengan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin di ruang kerja gubernur, Lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Dikatakan, Komnas HAM juga memonitor kelompok rentan seperti warga binaan pemasyarakatan di berbagai lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan lainnya.

"Kami juga memonitoring bidang kesehatan untuk memastikan tidak terjadi lagi kematian massal petugas pelaksana Pemilu," kata Saurlin.

Kondusif

Sementara, Hassanudin menyampaikan, situasi Sumut saat ini tetap kondusif. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga siap menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

"Kita sangat bersyukur situasi hingga saat ini kondusif, kita bersama seluruh stakeholder terus menjaga situasi ini tetap kondusif," kata Hassanudin.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: