Sterilisasi Batu Grib: Pedagang Pantai Padang Diberi Teguran

Selasa, 05 Januari 2016, 15:50 WIB | News | Kota Padang
Sterilisasi Batu Grib: Pedagang Pantai Padang Diberi Teguran
MENYISIR-Personel Satpol PP menyisir kawasan Pantai Padang

VALORAnews- Pemko Padang akan memberi teguran kepada pedagang yang berjualan di lokasi batu grib Pantai Padang. Sedikitnya ada 9 pemilik rumah makan dan beberapa pedagang ikan yang akan dipanggil terkait pengosongan kawasan batu grib tersebut. Sterilisasi sendiri akan dilakukan pada pertengahan Januari ini.

"Sesuai mekanisme, pedagang akan diberi surat teguran dengan batas waktu yang ditetapkan. Apabila teguran diabaikan pedagang, Pemko Padang bersama tim yang telah ditunjuk akan menertibkan dan membongkar bangunan tersebut sesuai dengan aturan," ungkap Sekda Padang Nasir Ahmad dalam relis Humas Pemko Padang, Selasa (5/1).

Selain melakukan sterilisasi Pantai Padang di Simpang Purus Tiga hingga ke Simpang Olo Ladang, Pemko Padang juga akan melakukan pembenahan hingga ke Muaro. Pedagang yang berjualan di sepanjang batu grip dan dam hingga ke Muaro juga akan dibongkar karena telah memanfaatkan tanah fasilitas umum sebagai lokasi berdagang. "Sebab tanah di sepanjang Pantai Padang merupakan tanah fasilitas dan tidak diberi izin ada bangunan di atasnya," imbuh Sekda. (Baca: http://www.valora.co.id/berita/2617/batu-grib-pantai-padang-harus-steril.html)

Kasat Pol PP Kota Padang Firdaus Ilyas menyebut, langkah awal penertiban Pantai Padang, pihaknya akan memfasilitasi pertemuan antara Pemko Padang dengan pedagang yang berjualan di sepanjang depan Rusunawa hingga ke Simpang Olo Ladang. Pertemuan ini dilakukan Rabu (6/1) di Makko Satpol PP.

"Pemko akan memanggil 9 pemilik rumah makan serta pedagang ikan di lokasi tersebut. Kita melakukan pembinaan sebelum dibongkar, dan ini akan sangat penting sekali, sebab cukup banyak Peraturan Daerah yang dilanggar para pedagang tersebut. Mulai dari Perda Perizinan Mendirikan Bangunan (IMB), Perda Sampah hingga Perda Ketentraman dan Ketertiban (Trantib)," ujar Firdaus Ilyas.

Sebelumnya, Tim Pemko Padang telah melakukan rapat dalam rangka pembenahan Pantai Padang. Rapat ini digelar Selasa (5/1) di Makko Satpol PP di Jalan Tan Malaka. Rapat tersebut dipimpin Sekdako Nasir Ahmad dan dihadiri sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemko Padang. Terlihat diantaranya Kepala Dinas Budpar Medi Iswandi, Kepala Satpol PP Firdaus Ilyas, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Zabendri, dan lainnya. (vri)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: