DKP Sumbar Lakukan Pemijahan 20 ribu Benih Lobster, Dibagikan Tahun 2024 Ini

Jumat, 26 Januari 2024, 05:45 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
DKP Sumbar Lakukan Pemijahan 20 ribu Benih Lobster, Dibagikan Tahun 2024 Ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Reti Wafda (Kepala DKP) berdiskusi tentang lokasi budidaya lobster di Sumbar, Kamis. (humas)

PADANG (25/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, Lobster merupakan salah satu komoditas ekspor yang dicari pembeli.

Selama ini, terang Mahyeldi, sebagian besar ekspor lobster Sumbar bersumber dari hasil tangkapan nelayan. Ke depan, ini perlu dikembangkan melalui skema budi daya sehingga nelayan dapat memperoleh hasil yang lebih optimal.

"Kita minta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar untuk maksimalkan potensi perairan laut guna meningkatkan pendapatan nelayan," ungkap Mahyeldi di Padang, Kamis.

Menurut Mahyeldi, salah satu upaya yang bisa dilakukan DKP adalah mendorong nelayan untuk memaksimalkan potensi lobster dengan skema budi daya.

Baca juga: GOR H Agus Salim Resmi jadi Home Base SPFC di Liga I Indonesia, Gubernur Serahkan SK Pinjam Pakai

Ia mengatakan, pemerintah perlu mengambil peran lebih strategis untuk membantu meningkatkan pendapatan nelayan, terutama nelayan kecil, agar mereka bisa lebih sejahtera sekaligus dapat mengurangi angka kemiskinan.

"Saat ini Nilai Tukar Nelayan (NTN) Sumbar masih di bawah nasional. Karena itu kita harus memikirkan bagaimana program-program kita di pemerintahan bisa mendukung ekonomi nelayan, sehingga dari waktu ke waktu NTN semakin meningkat," harap Mahyeldi.

Cocok di 3 Daerah

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Reti Wafda menyebut pihaknya sudah mulai merintis upaya pengembangan budi daya lobster sejak 2023 dengan pemijahan 20 ribu benih lobster (BL) di UPTD Balai Perikanan Budidaya Air Laut dan Payau (BPBALP) Teluk Buo, Padang.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Jenis lobster yang akan dikembangkan tersebut adalah lobster mutiara (panulirus ornatus) dan lobster pasir (panulirus homarus).

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: