Budi Syahrial Jelaskan Mekanisme Pokir Dewan di Bimtek Penyelenggaraan Jenazah Rukem PSG

Minggu, 14 Januari 2024, 11:50 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Budi Syahrial Jelaskan Mekanisme Pokir Dewan di Bimtek Penyelenggaraan Jenazah Rukem PSG
Anggota Fraksi Gerindra DPRD Padang, Budi Syahrial bersama Desriandi (Ketua RT 07 RW 01), Wirzal Hidayat (Ketua Rukem PSG) dan jajaran pengurus serta peserta Bimtek Penyelenggaraan Jenazah, foto bersama usai pembukaan, Ahad pagi. (istimewa)

PADANG (14/1/2024) - Anggota DPRD Padang, Budi Syahrial menegaskan, para wakil rakyat yang duduk di parlemen tingkat kota, berkewajiban menyukseskan setiap agenda pembangunan infrastruktur maupun suprastruktur yang diharapkan masyarakat.

"Dalam mewujudkan harapan masyarakat itu, setiap anggota dewan dibekali kewenangan dalam pengelolaan anggaran dalam bentuk pokok-pokok pikiran (Pokir). Penting masyarakat memahami, mekanisme penganggaran melalui dana Pokir itu," ungkap Budi di Kecamatan Nanggalo, Ahad pagi.

Hal itu dikatakan Budi, saat menghadiri kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyelenggaran jenazah yang digelar pengurus Rukun Kematian (Rukem) RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, di Mushalla Ali Bin Said. Bimtek ini diikuti 22 orang warga yang mayoritas kaum hawa.

Dikesempatan itu, Budi mengapresiasi Bimtek yang digelar Rukem PSG (Permata Surau Gadang) dengan menghadirkan pemateri, Elliza SAg MM, yang sudah kerap diundang sebagai pemateri dalam berbagai pelatihan penyelenggaraan jenazah.

"Bimtek ini juga merupakan bagian dari pembangunan suprastruktur khususnya terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah yang bersifat fardhu kifayah (penyelenggaran jenazah-red)," ungkap Budi.

Selain itu, Budi menyebutkan, anggaran Pokir yang jadi kewenangan anggota dewan itu, pada dasarnya bisa saja dimanfaatkan untuk berbagai agenda yang jadi kebutuhan masyarakat.

Mulai dari yang bersifat peningkatan kapasitas UMKM, bantuan modal kerja berupa mesin dan peralatan, pembangunan infrastruktur, keperluan sarana ibadah, pelatihan, bantuan sosial dan bermacam jenis lainnya.

"Sepanjang nomenklaturnya ada dan diajukan sesuai tenggang waktu, Insya Allah aspirasi masyarakat itu akan diperjuangkan anggarannya. Ini berlaku untuk siapapun anggota dewannya nanti yang dimintai bantuan," tegas Budi, yang tergabung dalam Fraksi Gerindra DPRD Padang itu.

Ketua RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Desriandi berterima kasih atas kehadiran Budi Syahrial dalam kegiatan Bimtek ini.

Desriandi juga berterima kasih atas bantuan hibah sebesar Rp15 juta yang telah diberikan untuk Rukem PSG.

Sementara itu, Ketua Rukem PSG, Wirzal Hidayat mengungkapkan, Bimtek Penyelenggaraan Jenazah ini merupakan program kerja di tahun 2024 ini.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: