Ketua Apindo Sumbar Didaulat jadi Datuak

Kamis, 31 Desember 2015, 21:13 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Ketua Apindo Sumbar Didaulat jadi Datuak
Basa Suku Sikumbang, Eri Datuak Batuah memasangkan peci dalam pelaksanaan prosesi adat Sumbek Labu (Pengangkatan Datuak) kepada Muzakir Azis SE sebagai Datuak Mulie, Parmato Suku Sikumbang Nagari Lubukalung. (istimewa)

VALORAnews - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumatera Barat, Muzakir Aziz didaulat atau diangkat menjadi niniak mamak dalam struktur salingka adat nagari Lubukalung. Dia dinobatkan jadi Datuak Mulie dalam suku Sikumbang, kenagarian Lubukalung.

Pengangkatan dengan istilah Sumbek Labu tersebut, digelar di rumah gadang kaum suku Sikumbang Koto Buruk Hilir, Nagari Lubukalung, 25 Desember 2015 lalu.

"Pengangkatan Datuak Mulie ini, melalui prosedur adat yang berlaku menurut adaik lamo pusako usang di kerapatan adat," ungkap Basa Suku Sikumbang, Eri Datuak Batuah yang mendaulat dalam pengangkatan Datuak dalam suku Sikumbang tersebut.

Niniak mamak yang juga pengusaha ini menyampaikan, posisi Datuak Mulie secara struktur adat, sebagai parmato dalam adat Nagari Lubukaluang meminta peran sertanya menjaga marwah niniak mamak dan berperan utama dalam menjaga hubungan baik dalam kaum, antar kaum maupun dalam kehidupan bernagari yang lebih luas.

Baca juga: Nagari Maek Lewakan Rajo nan Baduo dan Batagak Gala 24 Datuak, Ini Pesan Gubernur Sumbar

Sementara, Muzakir menyatakan, siap mengemban amanah sebagai niniak mamak terutama dalam mengurusi kepentingan anggota kaum maupun jika ada sengketa yang terkait dengan sako dan pusako.

Dalam kesempatan itu hadir niniak mamak nan sapuluah, para pucuak adat seluruh suku dalam kenagarian Lubukalung, para labai mayoritas datuak suku Sikumbang sekanagarian Lubukaluang. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: