Pj Gubernur Sumut: Gerakan Memelihara Juga Penting Selain Menanam Pohon

Minggu, 31 Desember 2023, 13:15 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatra Utara
Pj Gubernur Sumut: Gerakan Memelihara Juga Penting Selain Menanam Pohon
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin tanam pohon produktif pada kegiatan Penanaman Pohon Serentak se-Indonesia Kementerian LHK di Desa Suka Makmur, Deliserdang, Sabtu. (humas)

DELISERDANG (30/12/2024) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin meminta seluruh masyarakat, bukan hanya sekadar menggalakan menanam pohon, tetapi juga memeliharanya.

Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi seluruh masyarakat, terutama anak-anak muda.

"Saya rasa, perlu edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian alam ini masuk ke kurikulum sekolah," tegas Hassanudin pada kegiatan Penanaman Pohon Serentak se-Indonesia Kementerian LHK di Desa Suka Makmur, Deliserdang, Sabtu.

Dikesempatan itu, dia mengajak seluruh masyarakat menggalakkan menanam pohon. Apalagi saat ini dampak dari perubahan iklim semakin terasa, baik secara regional maupun global.

Baca juga: 200 Bibit Buah-buahan Ditanam di Areal Seluas 2 Ha di Simalungun, Ini Kata Gubernur Sumut

Gerakan penanam pohon, menurut Hassanudin, perlu dilakukan secara masif dan menyeluruh, sehingga hasilnya signifikan.

Dengan begitu bisa memulihkan lingkungan hidup, mencegah bencana alam, gagal panen dan polusi.

"Ini kegiatan mulia, mungkin hasilnya tidak kita rasakan segera, tetapi akan sangat besar dampaknya pada generasi berikutnya," kata Hassanudin,

Sementara, Staf Ahli Kementerian LHK Bidang Manajemen Landscape Fire, Raffles B Panjaitan mengungkapkan, ada 4 tujuan kegiatan penanaman pohon serentak ini.

Keempat tujuan tersebut antara lain mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.

"Ada tiga kiris yang kita hadapi sekarang, perubahan iklim, polusi dan ancaman kehilangan keragaman hayati, perubahan iklim sudah sangat dirasakan dampaknya seperti gagal panen, keterlambatan musim tanam dan hama yang meningkat, karena itu kegiatan ini mendesak," urai Raffles.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: