Bukittinggi Raih Anugrah Parahita Ekapraya 2023

Rabu, 27 Desember 2023, 21:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Raih Anugrah Parahita Ekapraya 2023
.Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar

BUKITTINGGI (19/12/2023) - Pemerintah Kota Bukittinggi terima Anugrah Parahita Ekapraya (APE), tahun 2023. Penghargaan tersebut, diserahkan di Jakarta, Selasa.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar didampingi Kepala Bapelitbang, Robby Novaldi bersama Kepala DP3APPKB, Nauli Handayani menjelaskan, Pemko Bukittinggi akan terus berkomitmen untuk menciptakan kesetaraan gender.

"Tujuan program pengarusutamaan gender ini adalah mengawal keadilan dan kesetaraan dalam hal akses, partisipasi, manfaat dan kontrol dalam pembangunan antara laki laki dan perempuan atau dengan kata lain adanya kesetaraan," ungkap Erman.

Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada kementerian/lembaga serta pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.

Baca juga: Tabungan Utsman 2024 Diluncurkan, Target 2200 Nasabah Tapi Ada Margin Ringannya

Penganugerahan Parahita Ekapraya tahun ini, didasarkan atas hasil evaluasi penyelenggaraan PUG tahun 2022.

Dimana untuk tahun ini, terdapat 360 Instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kab/Kota) yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui Evaluasi Mandiri).

Hasil Verifikasi Akhir, terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 25 provinsi dan 237 Kabupaten/Kota menerima anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: