DPRD Sumbar Siapkan Digitalisasi Layanan Publik, 11 Orang Tenaga IT Direkrut

Kamis, 21 Desember 2023, 15:39 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Siapkan Digitalisasi Layanan Publik, 11 Orang Tenaga IT Direkrut
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis dan Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir. (humas)

PADANG (19/12/2023) - Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menilai, semua anggota DPRD Sumbar bekerja dalam produktifitas sesuai tugas, peran dan fungsi sepanjang tahun 2023 ini.

Dikatakan, ada tiga tugas DPRD yakni bersama pemerintah menetapkan Perda dan APBD serta melakukan fungsi pengawasan terhadap kebijakan pembangunan daerah.

"Sinergitas Kepala daerah dan DPRD Sumbar sudah berjalan dengan baik dan harmonis," ujar Raflis usai Peringatan Hari Bela Negara di Kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa.

Dikesempatan itu, Raflis mengungkapkan terobosan baru yang dilakukan DPRD Sumbar periode 2019-2024. Yakni melaksanakan amanat UU No 14 Tahun 2028 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Caranya, mengekspos kinerja DPRD Sumbar di akhir tahun anggaran.

Baca juga: Raflis Paparkan 18 Inovasi untuk Perkuat Keterbukaan Informasi di MAN 2 Pessel

"Ekspos kinerja di akhir tahun, selama ini belum jadi agenda kedewanan. Kedepan, tentunya akan jadi agenda rutin sebagaimana amanat UU KIP dalam upaya meningkatkan partisipasi publik dalam memajukan pembangunan daerah," terang Raflis.

Konsistensi menjalankan amanat UU KIP ini, ungkap Raflis, sekretariat DPRD Sumbar dinobatkan sebagai salah satu OPD terinformatif di Sumatera Barat.

"Tahun 2022, DPRD Sumbar OPD terinformatif juara 1 terbaik dan sebeberapa tahun sebelumnya kita terbaik 2," ungkapnya.

"Tahun 2023, DPRD Sumbar terpilih masuk dominasi 10 besar mewakili Sumatera Barat pada kegiatan Tinarbuka KI pusat yang dilaksanakan di provinsi Banten," tambah Raflis, penerima achievment monivation person tahun 2022 itu.

Baca juga: Komisi III DPRD Kepri Cari Tahu Kiat Pembangunan Infrastruktur ke DPRD Sumbar

Dikatakan, untuk terus meningkatkan pelayanan informasi publik, DPRD Sumbar terus berbenah menyiapkan berbagai saran dan prasana pendukung.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: