69 Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Tuntaskan Diklat, Ini Harapan Bupati Pasbar

Selasa, 05 Desember 2023, 12:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
69 Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Tuntaskan Diklat, Ini Harapan Bupati Pasbar
Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Agusli dan jajaran, foto bersama usai penutupan kegiatan Diklat Calon Guru Penggerak Angkatan 8, Ahad. (humas)

PASAMAN BARAT (5/12/2023) - Panen hasil belajar Calon Guru Penggerak (CGP) merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Karena, ini jadi puncak pembelajaran selama 8 bulan mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak.

Dimana, para CGP selama 2 bulan mengikuti rangkaian tes seleksi yang berbentuk essay, tes praktik mengajar (micro teaching) dan tes wawancara serta 6 bulan mengikuti rangkaian Diklat.

"Wajah bahagia sangat tampak dari bapak dan ibu para guru penggerak ini. Wajar, karena hari ini CGP sukses melaksanakan panen hasil belajar," ungkap Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat hadir pada kegiatan Panen Karya CGP angkatan 8, di aula kantor bupati Pasaman Barat, Ahad (4/12/2023).

CGP Angkatan 8 ini diikuti 69 orang guru. Setelah ini, mereka diharapkan berkolaborasi dengan stekholder terkait dan jadi motor penggerak terhadap diri, para guru guru dan sekolah-sekolah dalam memajukan pendidikan khususnya di Pasaman Barat.

Lokakarya 7 angkatan 8 CGP Pasaman Barat itu, dihadiri Kepala BGP Sumbar, 69 orang CGP, 14 orang Pengajar Praktek (PP), Fasilitator GP, Instruktur Nasional, Ketua dan Pengurus PGRI Pasbar, Kabid GTK Disdik Bersama jajaran, Kacabdin Pendidikan Sumbar, Korwilcam Disdik, dan tamu undangan lainnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Agusli berharap, CGP angkatan 8 itu dapat melaksanakan atau implementasikan slogan Guru Penggerak yaitu 'Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.'

"Diharapkan juga agar guru penggerak dapat melakukan perubahan untuk dirinya, murid, rekan sejawat serta sekolah ke arah yang lebih baik," harapnya.

Selanjutnya, Agusli juga mengutip pidato yang pernah disampaikan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, yang menyatakan bahwa "perubahan tidak dapat dimulai dari atas semuanya berawal dan berahir dari guru, jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah Langkah pertama."

"Kita semua harus mulai bergerak membiasakan budaya positif di lingkungan sekolah, melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid dan memberikan pelayanan sesuai minat dan potensi murid sesuai dengan kodrat zaman dan kodrat alam."

"Semangatlah terus Bapak Ibu guru hebat Pasaman Barat, teruslah berkarya untuk generasi kita yang bermartabat," harap Agusli.

Sementara, Kabid GTK Disdik Pasbar, Sofyandri Piliang yang didampingi Kasi GTK SMP, Sari Yanti, Kasi GTK SD, Iwan Rizaldi dan Kasi GTK Paud, Idam Khalil mengatakan, proses seleksi calon guru penggerak angkatan 8 Pasaman Barat yang dilaksanakan sekitar 8 bulan lalu itu, diikuti lebih 700 guru TK, SD, SMP dan SLTA se-Pasaman Barat.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH