69 Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Tuntaskan Diklat, Ini Harapan Bupati Pasbar

Selasa, 05 Desember 2023, 12:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
69 Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Tuntaskan Diklat, Ini Harapan Bupati Pasbar
Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Agusli dan jajaran, foto bersama usai penutupan kegiatan Diklat Calon Guru Penggerak Angkatan 8, Ahad. (humas)

Mereka melalui tahapan seleksi yang ketat hingga berhasil meloloskan 86 orang calon guru penggerak untuk mengikuti Diklat Calon Guru Penggerak (CGP).

Selama Diklat CGP minimal ada tiga modul yang harus dipelajari oleh CGP, yakni Modul 1 berisi tentang Paradigma dan Visi Guru Penggerak. Modul ini membahas tentang filosofi pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara.

Modul 2 berisi tentang praktik pembelajaran yang berpihak pada murid. Modul 3 berisi tentang Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah.

Ia menjelaskan, inti dari modul pelatihan CGP adalah memberikan bekal kepada Calon Guru Penggerak bagaimana sebaiknya menjadi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

"Dalam 6 bulan Diklat, ada capaian yang diharapkan dari setiap modul, salah satunya CGP dapat mengimplementasikan di sekolah masing-masing."

"Dalam mempelajari setiap modul menggunakan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Konstektual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata," jelas Kabid GTK tersebut. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: