Bukittinggi Kerahkan 20 Personel dan 6 Armada Kebakaran Bersihkan Material Erupsi Gunung Marapi

Selasa, 05 Desember 2023, 09:50 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Kerahkan 20 Personel dan 6 Armada Kebakaran Bersihkan Material Erupsi Gunung...
Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Senin, membersihkan areal parkir di Masjid Agung Tangah Sawah dari material abu vulkanik letusan Gunung Marapi pada Ahad sore lalu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (4/12/2023) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bukittinggi bersihkan sejumlah ruas jalan dalam kota dari muntahan material erupsi Gunung Marapi pada Ahad (3/12/2023), sekitar pukul 14.54 WIB.

"Ini sesuai instruksi wali kota, kita kerahkan seluruh personil, untuk melakukan pembersihan ke jalan," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bukittinggi, Efriyadi kepada media, Senin.

Disampaikan, pascaerupsi Gunung Marapi yang mana telah menghujani wilayah kota Bukittinggi dengan abu vulkanik serta pasir, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan langsung melakukan penyiraman di ruas jalan terdampak.

Dikatakan, proses pembersihan dilakukan sampai Senin (4/12/2023) ini, mengerahkan 6 armada dan menejunkan 20 personil.

Baca juga: Dinkes Bukittinggi Gelar Bimtek Pendampingan Regulasi bagi Tenaga Apotek Saryanfar

"Abu vulkanik yang bertebaran di jalan raya, membuat jalan licin dan membahayakan. Sesuai instruksi wali kota, kita kerahkan seluruh personil, untuk melakukan pembersihan," paparnya.

Diketahui, Gunung Marapi setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut ini, pada Minggu (3/12/2023), mengalami erupsi sekitar pukul 14:54 WIB.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara, lebih kurang 4 menit 41 detik.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi.

Baca juga: Wawako Bukittinggi Sampaikan Nota Pengantar KUA PPAS 2025 dan Perubahan KUA PPAS 2024, Defisit masih Mewarnai

Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah atau puncak. (*)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: