Raflis Temui Perpusnas RI, Targetkan Nota Kesepakatan Berganti jadi Perjanjian Kerja Sama

Kamis, 30 November 2023, 23:07 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Raflis Temui Perpusnas RI, Targetkan Nota Kesepakatan Berganti jadi Perjanjian Kerja Sama
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis didampingi Zardi Syahrir, dialog dengan Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpusnas RI, Nani Suryani di Jakarta, Rabu. (humas)

Sementara, Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir melaporkan, kondisi pelayanan perpustakaan DPRD Sumbar belum berjalan secara sempurna. Jikapun ada Pojok Baca Digital (Pocadi) DPRD, masih belum sesuai standar.

"Keberadaan Pocadi DPRD Sumbar masih bersifat inisiatif semata dalam membuka mata, telinga dan pemikiran bahwanya pelayanan perpustakaan bagian tak terpisahkan dari kemajuan pelayanan sekretariat DPRD Sumbar," ungkapnya.

"Walaupun demikian, aktifitas Pocadi sudah berjalan baik, dimana para pengunjung sudah dapat memanfaatkannya. Ini terlihat dari kunjungan yang ada," ungkap Zardi.

Baca juga: Komisi I dan II DPRD Kepulauan Meranti Pelajari Hal Ini ke DPRD Sumbar

Menurut Zardi, layanan dan pengembangan perpustakaan DPRD Sumbar, butuh sentuhan binaan dan penyempurnaan dari Perpusnas RI.

"Saat ini DPRD Sumbar telah memiliki 11 orang tenaga IT, 2 orang pustakawan, sarana prasarana, tempat ruang perpustakaan yang baru," ungkapnya.

"Data hari ini, ada kunjungan pelajar, siswa dan mahasiswa rata-rata 300-500 orang per bulan serta kunjungan tamu kedewanan rata-rata 50-100 orang per bulan. Tentu, ini potensi dan modal besar dalam memajukan layanan perpustakaan DPRD Sumbar," tambah dia.

Terdaftar Dulu di Perpusnas

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Nani Suryani mengatakan, perpustakaan nasional sebagai pembina kegiatan perpustakaan daerah, siap mendukung dan mendorong kemajuan dan pengembangan pengelolaan perpustakaan daerah.

"Untuk layanan perpustakaan DPRD Sumbar, kita akan kelompokan pada perpustakaan khusus. Untuk itu agar segera Perpustakaan DPRD didaftarkan sehingga tercatat dalam data Perpusnas. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui aplikasi," ungkap Nani.

Nani menyampaikan, apresiasi atas semangat sekretariat DPRD Sumbar yang mau mengembangkan pengelolaan perpustakaan secara baik.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: