Bukittinggi Raih Swasti Saba Wiwerda 2023, Linda Feroza: Pengakuan atas Realisasi Hebat Bidang Kesehatan dan Lingkungan

Rabu, 29 November 2023, 13:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Raih Swasti Saba Wiwerda 2023, Linda Feroza: Pengakuan atas Realisasi Hebat...
Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro serahkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda pada Kadinkes Bukittinggi, Linda Feroza di Jakarta, Selasa. (humas)
Penghargaan Swasti Saba Wiwerda yang diraih Bukittinggi tahun 2023 ini.
Penghargaan Swasti Saba Wiwerda yang diraih Bukittinggi tahun 2023 ini.

Promotif dan Prefentif

Penghargaan KKS (Kota Kabupaten Sehat) dari Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan dua tahun sekali yang terdiri dari tiga tingkatan. Yakni, Swasti Saba yaitu pengembangan (wistara), Pembinaan (wiwerda), pemantapan (padapa).

Adapun penerima penghargaan Swasti Saba Tahun 2023 sebanyak 136 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan kategori yang berbeda.

Baca juga: Forum Kota Sehat Bukitttinggi Gelar Pembinaan Pokja Kelurahan Sehat

Kepala Dinkes Bukittinggi, Linda Feroza menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2023 di Jakarta. (humas)
Kepala Dinkes Bukittinggi, Linda Feroza menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2023 di Jakarta. (humas)

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat.

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro yang mewakili Menteri Dalam Negeri mengatakan, penghargaan Swasti Saba merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang sudah berdedikasi dalam menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No 34 Tahun 2005 dan No 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

"Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat merupakan kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif," kata Suhajar.

Pada acara ini, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan masalah kesehatan seperti bahaya El Nino, Demam Berdarah atau Malaria, Stroke, Jantung, Penyakit Jiwa dan lainnya harus diatasi dengan serius dan melibatkan semua stakeholder.

Oleh karena itu, penghargaan ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat agar masyarakat terhindar dari penyakit menular dan tidak menular.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mewakili Wakil Presiden RI menyampaikan apresiasi atas diterimanya penghargaan Swasti Saba dan STBM tahun 2023 kepada Pemerintah Daerah.

Menurutnya, Pemerintah Daerah juga memiliki tanggung jawab yang lebih dalam penanganan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat agar kedepannya semua wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata kepada semua kalangan masyarakat. (adv)

Halaman:
1 2

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: