Pekanbaru Gunakan AI Tangkal Hoaks, Butuh Anggaran Rp15 Juta per Bulan

Sabtu, 25 November 2023, 02:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Pekanbaru Gunakan AI Tangkal Hoaks, Butuh Anggaran Rp15 Juta per Bulan
Plt Sekretaris Diskominfotiksan Pekanbaru, Darma Alam saat berdialog dengan rombongan Diskominfo dan wartawan dari Bukittinggi, di Ruangan Multimedia Gedung Perkantoran Tenayan, Kamis. (hamriadi)

PEKANBARU (23/11/2023) - Penggunaan Artificial Intelligence (AI) di Pemko Pekanbaru, telan anggaran sebesar Rp15 juta per bulan. Aplikasi ini untuk melakukan penyaringan berita viral yang bertendensi hoaks.

"Dengan AI, mempermudah kami dalam menyeleksi berita hoaks dan viral," ungkap Plt Sekretaris Diskominfotiksan Pekanbaru, Darma Alam, Kamis.

Hal itu disampaikan Darma Alam di Ruangan Multimedia Gedung Perkantoran Tenayan Kota Pekanbaru, saat menerima kunjungan Diskominfo dan wartawan Bukittinggi.

Ia menyampaikan, insan pers di Pekanbaru ada sekitar 5 ribu jurnalis, yang bisa dirangkul untuk kerjasama sebanyak 350 jurnalis.

Baca juga: 45 Peserta Ikuti Sosialisasi Tahapan Pilkada Mentawai 2024

"Di sini lah fungsi kami di Diskominfo untuk meliterasi masyarakat Kota Pekanbaru, dengan sajian informasi yang baik dan benar dengan berusaha menyaring informasi hoaks," paparnya.

Ia menyebutkan, dengan menggunakan kata kunci kepala daerah atau sekda kota Pekanbaru, setiap pagi paling lambat jam 10, sudah bisa mendapatkan informasi berita hoax dan berita yang akan viral, terutama jika menyangkut nama kepala daerah.

"Kami sudah bisa menyuguhkan data lengkap dan akurat, sebanyak 100 berita online hoax atau viral setiap hari," ungkapnya.

Diketahui, luas kota Pekanbaru hampir seluas Jakarta, 632,26 km persegi. Terdapat sebanyak 15 kecamatan, 83 kelurahan, dengan 786 RW dan sejumlah 3.078 RT. (*)

Baca juga: HARI KOPERASI: Enam Koperasi di Pessel dapat Penghargaan

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: