PEMKAB PESSEL Gelar Rakor Pokjanal Posyandu 2023

Rabu, 15 November 2023, 23:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMKAB PESSEL Gelar Rakor Pokjanal Posyandu 2023
Pemkab Pessel menggelar pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu se Kabupaten di Painan, Kamis (2/11/2023). Foto: Dok Dinas Kominfo Pessel

PESISIR SELATAN (15/11/2023) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, menggelar pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu se Kabupaten di Painan, Kamis.

Dalam relis diterima Rabu (15/11/2023), acara tersebut dibuka Sekretaris Daerah Pessel Mawardi Roska. Dan, dihadiri anggota Tim Penggerak PKK, OPD terkait, Wali Nagari, dan Bundo Kanduang.

Dalam sambutan, Mawardi Roska mengatakan, Posyandu adalah Kelompok Kerja yang tugas dan fungsinya saling terkait, dalam pembinaan penyelenggaran pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan.

Sedangkan kesehatan, merupakan hak dasar setiap manusia, dan menjadi bagian dari pembangunan masyarakat secara keseluruhan, ucapnya.

Karena kesehatan merupakan salah satu instrument dalam penentuan Indeks Pembangunan Manusia, Indikator Keberhasilan Pemerintah dan lainnya.

"Ya, atas nama Pemkab Pessel, kami mengapresiasi serta menyambut baik, pelaksanaan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu se Kabupaten ini. Dan, memberi saran agar di tahun 2024, diadakan Rapat Pokjanal Posyandu," ujarnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pessel Apt Fitria menambahkan, Posyandu merupakan salah satu transformasi layanan primer.

Transformasi ini, diarahkan agar rangkaian pelayanan kesehatan di tingkat dasar/primer, terintegrasi dengan meningkatkan layanan promotive, dan preventif.

Seperti: memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, membangun infrastruktur, melengkapi sarana, prasarana, SDM serta memperkuat manajemen di seluruh layanan primer.

"Pelayanan yang dilakukan, berfokus pada sasaran siklus hidup, dan mendekatkan akses ke masyarakat. Mulai dari tingkat dusun, dan keluarga. Di tingkat Kabupaten, keberadaan Pokjanal Posyandu sangat strategis. Ini perlu dukungan dari lintas sektor terkait kelembagaan, dan dukungan sistem yang telah ada," terang Fitria. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: