Pemkab Agam Rencanakan Naikan Tipe Museum Kelahiran Buya Hamka

Rabu, 15 November 2023, 14:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemkab Agam Rencanakan Naikan Tipe Museum Kelahiran Buya Hamka
Maestro Adat Minang yang juga kelahiran Agam, Yus Dt Parpatiah, Rismadona (BPK Sumbar), Isra (Kadisdikbud Agam) pada seminar Kajian Koleksi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, di Maninjau, Selasa. (humas)

AGAM (14/11/2023) -- Koleksi benda cagar budaya di Museum Buya Hamka di Nagari Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, sebanyak 86 item, dengan tipe museum masih C.

"Jika koleksi sudah di atas 100, kita akan usulkan naik tipe B sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan di museum yang merupakan tempat kelahiran Buya Hamka, Ketua MUI pusat pertama," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra, di Maninjau, Selasa.

Hal itu dikatakan Isra, saat membuka seminar Kajian Koleksi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Kegiatan ini diikuti 75 orang peserta dari berbagai kalangan.

Di antaranya, OPD, Kecamatan, walinagari se Kecamatan Tanjung Raya, juru pelihara cagar budaya se-Kabupaten Agam, guru penggerak SD dan SMP, keluarga kaum Buya Hamka serta komunitas.

Baca juga: Jalur Padang-Bukittinggi via Malalak Bisa Dilewati Lagi, Pengendara Diminta Hati-hati, Ini Sebabnya

"Seminar ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan koleksi Museum Kelahiran Buya Hamka sebagai sarana dan edukasi masyarakat," ungkap Isra.

"Kemudian, bagaimana kedepan museum semakin dikenal bagi masyarakat luas dan penunjang pariwisata di Kabupaten Agam baik secara nasional maupun mancanegara," tambahnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga melibatkan guru penggerak yang akan membawa siswa pelajar untuk mengunjungi museum.

"Melalui guru penggerak, kita estafetkan kepada anak-anak kita untuk dapat mengunjungi dan mempelajari tokoh pahlawan nasional Buya Hamka," tambahnya.

Baca juga: Minang Diaspora Bantu Selimut dan Tikar bagi Korban Banjir di Kecamatan IV Angkek

Disebutkan, seminar ini juga salah satu upaya menggerakkan cinta museum, melengkapi, meningkatkan dan menata koleksi museum.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: