Inflasi Gabungan 2 Kota di Sumbar Dipengaruhi Kelompok Transportasi, Banyaknya Event MICE jadi Pemicu

Jumat, 03 November 2023, 06:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Inflasi Gabungan 2 Kota di Sumbar Dipengaruhi Kelompok Transportasi, Banyaknya Event MICE...
Infografis Inflasi Sumbar periode Oktober 2023.

Inflasi kelompok tersebut bersumber dari peningkatan tarif angkutan udara dan bensin.

Peningkatan tarif angkutan udara dipengaruhi tingginya permintaan sejalan dengan banyaknya event MICE yang diselenggarakan di Sumatera Barat pada Oktober 2023.

Sementara itu, harga bensin naik pasca kebijakan peningkatan harga BBM non subsidi jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex per 1 Oktober 2023.

Baca juga: Deflasi April 2024 di Sumatera Barat Dipicu Turunnya Harga Komoditas Pangan

Kelompok penyumbang inflasi selanjutnya yaitu kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya yang mencatatkan inflasi sebesar 0,35% (mtm) dengan andil 0,02% (mtm).

Inflasi kelompok tersebut dipengaruhi oleh naiknya harga komoditas emas perhiasan.

Emas perhiasan mengalami kenaikan harga mengikuti perkembangan harga emas dunia yang dipengaruhi oleh kondisi kestabilan ekonomi dan keuangan global terkini.

Laju inflasi lebih lanjut tertahan oleh deflasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau yaitu sebesar -0,33% (mtm) dengan andil -0,10% (mtm).

Deflasi utamanya bersumber dari penurunan harga aneka ikan yaitu ikan gembolo/ikan aso-aso dan ikan cakalang/ikan sisik serta komoditas hortikultura yaitu tomat, bayam, dan wortel.

Penurunan harga aneka ikan didorong oleh tersedianya pasokan sejalan dengan hasil tangkapan nelayan yang melimpah secara musiman.

Ketersediaan pasokan juga mendorong penurunan harga tomat, bayam, dan wortel seiring dengan periode panen yang masih berlangsung di daerah sentra.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: