Jembatan Unand Diperbaiki Pasca Rusak Dihantam Banjir

Jumat, 18 Desember 2015, 22:30 WIB | News | Kota Padang
Jembatan Unand Diperbaiki Pasca Rusak Dihantam Banjir
Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo, memeriksa kondisi jembatan reski di kawasan Limau Manih, Pauh, Padang, Kamis (17/12/2015). Jembatan ini rusak parah akibat diterjang air bah yang kerap melanda kawasan itu setiap kali hujan lebat. (humas)

VALORAnews -- Jembatan Reski atau dikenal dengan Jembatan Unand di Limau Manih, Kecamatan Pauh, mengalami kerusakan saat diterjang banjir, beberapa waktu lalu. Hal ini mengakibatkan kondisi pondasi jembatan itu 'menggantung' tanpa penahan yang terkikis air bah. Sejak itu, jalan dua jalur yang melewati jembatan tersebut akhirnya ditutup warga setempat.

Saat Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo bersama perangkat kerjanya berkunjung ke lokasi itu, Kamis (17/12/2015), kendaraan yang lewat hanya diperbolehkan menggunakan satu jalur sebelah kiri menuju Unand.

Sebab, di sisi sebelah kanan di jembatan tersebut, terdapat lubang menganga akibat terkikisnya pondasi jembatan itu. Dikhawatirkan, jembatan ini bisa ambruk jika tak segera diperbaiki. Apalagi, jembatan ini setiap waktu dilewati kendaraan, sebagai jalur perlintasan oleh civitas kampus terbesar di Sumatera tersebut.

Mahyeldi yang datang bersama Fatriarman (Kepala Dinas Pekerjaan Umum), Wardas Tanjung (Camat Pauh), Budi Payan (Sekretaris BPBD), Mursalim (Kepala Bagian Humas dan Protokol) dan lainnya, langsung turun ke bawah jembatan, untuk melihat langsung kondisi pondasi jembatan tersebut. Dia mendapati pondasi jembatan sudah terkikis air. Sehingga tidak ada lagi penahan yang kokoh bagi jembatan tersebut.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

Begitu juga di sisi bagian atas jembatan, terlihat lubang besar yang menganga karena telah luruhnya tanah pondasi. "Jembatan ini penghubung ke kampus Unand dan cukup penting sebagai perlintasan bagi masyarakat. Sejak banjir lalu, pondasi jembatan ini terkikis," kata Mahyeldi.

Dia menyebut, pengerjaan perbaikan jembatan ini harus segera dilakukan. Untuk perbaikan jembatan ini, Pemko Padang akan menggunakan dana bantuan bencana yang berada di BPBD Kota Padang. "Tadi kita sudah ketemu Rektor Unand dan sudah dibicarakan. Jembatan ini diperbaiki dalam minggu ini juga," ujar Mahyeldi.

Diperbaikinya jembatan ini, direspon positif Rektor Universitas Andalas, Prof Tafdil Husni yang bertemu langsung dengan Mahyeldi. Menurutnya langkah perbaikan jembatan ini cukup tepat sebab selalu dilewati civitas kampus. "Terimakasih pada Pemko Padang yang peduli, dekat dan melayani," katanya. (vri)

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: