Rakor TPID Sumbar 2023, Mahyeldi Ingatkan Dampak Elnino

Jumat, 20 Oktober 2023, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Rakor TPID Sumbar 2023, Mahyeldi Ingatkan Dampak Elnino
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat memberikan arahan pada Rakor Pengendalian Inflasi Sumbar 2023 di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (19/10/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengungkapkan, inflasi Sumbar pada September 2023 turun ke angka 1.93 persen, dari sebelumnya 3,23 persen pada Agustus 2023.

"Kita patut berbangga, inflasi Sumbar selisih hampir 1 persen di bawah inflasi nasional yang berada pada angka 3 persen," ungkap Mahyeldi Rakor Pengendalian Inflasi Sumbar 2023 di Padang, Kamis.

Rakor ini mengusung tema 'Mitigasi Kenaikan Harga Pangan Akibat Resiko Perubahan Iklim (el nino) dan Ketersediaan Bahan Bakar Minyak di Provinsi Sumatera Barat.

Terkait inflasi, Mahyeldi mengatakan, sektor yang sulit terkendalikan di antaranya adalah kenaikan tarif transportasi udara, kenaikan harga pupuk nonsubsidi akibat langkanya pupuk bersubsidi serta kelangkaan gas elpiji bersubsidi.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Fluktuasi harga bahan bakar minyak nonsubsidi juga memiliki imbas besar terhadap transportasi kita," ujarnya.

Oleh karenanya, Mahyeldi berharap, Pertamina dapat menjelaskan bagaimana situasi dan keadaan ketersedian bahan bakar minyak hingga akhir 2023 di Sumbar.

Apalagi, terkait isu rencana penghapusan bahan bakar minyak subsidi jenis pertalite dan bio solar pada tahun 2024.

"Tentu ini akan berdampak pada kenaikan tarif transportasi dan pasti akan menaikan harga komoditas, terutama pangan," jelasnya.

Baca juga: Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

Waspadai Elnino

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: