Andri Warman Ajak Ninik Mamak dan Bundo Kanduang Wariskan Ilmu dan Wawasan tentang Minang

Kamis, 19 Oktober 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Andri Warman Ajak Ninik Mamak dan Bundo Kanduang Wariskan Ilmu dan Wawasan tentang Minang
Bupati Agam, Andri Warman memberikan sambutan pada silaturahmi dan syukuran bersama Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung, di Balairung Kantor KAN Kecamatan Lubuk Basung, Rabu. (humas)

AGAM (18/10/2023) - Bupati Agam, Andri Warman berharap, niniak mamak dapat bersatu dalam mewariskan ilmu, wawasan serta pengetahuannya tentang budaya Minangkabau pada generasi muda di Kabupaten Agam.

"Tentunya, peranan tersebut tidak hanya dapat dilakukan niniak mamak. Harus didukung peranan Bundo Kanduang sebagai limpapeh rumah nan gadang, semarak anjuang dalam nagari," ungkap Andri Warman di Lubuk Basung, Rabu.

Hal itu dikatakan Andri Warman saat menghadiri silaturahmi dan syukuran bersama Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung, di Balairung Kantor KAN Kecamatan Lubuk Basung.

Syukuran ini juga dihadiri Anggota DPR RI, Guspardi Gaus, Sekda Bukittinggi, Martias Wanto Dt Maruhun selaku tokoh masyarakat Lubuk Basung, Camat Lubuk Basung, Hidayatul Taufik, Kepala OPD serta niniak mamak dan bundo kanduang se Kecamatan Lubuk Basung.

Baca juga: Ribuan Bungkus Nasi Didistribusikan dari Dapur Umum, Andri Warman: Semua Korban harus Dapat Tanpa Terkecuali

Dilaksanakannya syukuran dan silaturahmi ini, dalam rangka syukuran KAN Lubuk Basung telah meraih juara 1 lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN) tingkat Provinsi Sumbar dari 523 KAN se-Sumatera Barat.

Dikesempatan itu, Andri Warman juga mengucapkan selamat pada KAN Lubuk Basung dan agar lebih semangat membangun Agam yang lebih maju dan saling menjaga tali silaturahmi sesama.

Hal senada disampaikan Martias Wanto yang turut mengucapkan selamat dan apresiasi kepada KAN Lubuk Basung yang telah berhasil meraih juara I KAN tingkat Provinsi Sumbar.

"Kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antara niniak mamak dan bundo kanduang," tuturnya.

Baca juga: Banjir Bandang di Agam, BNPB Siap Bantu Perbaikan Infrastruktur Krusial

Dengan ikatan ini, tambah Martias Wanto, hendaknya bisa bersama-sama kembali meningkatkan nilai-nilai budaya minang di tengah generasi muda pada era digital ini, tentu usaha itu dapat dilakukan secara maksimalkan dengan bantuan bundo kanduang yang merupakan guru bagi generasi penerus dalam rumah.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: