Pelatihan P3PD Gelombang IV Sumatera Barat, Ini Pesan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

Rabu, 18 Oktober 2023, 05:35 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pelatihan P3PD Gelombang IV Sumatera Barat, Ini Pesan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Eko Prasetyanto bersama Amasrul (Kadis PMD Sumbar) dan jajaran, foto bersama dengan peserta Pelatihan P3PD Gelombang IV di Sumatera Barat, Selasa. (istimewa)

PADANG (17/10/2023) - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri), Eko Prasetyanto menyampaikan, desa merupakan kekuatan atau pondasi dasar untuk kemajuan sebuah bangsa.

"Maka, penting peran desa itu harus dikuatkan secara holistik. Terlebih, pembangunan tidak lagi terpusat di perkotaan, melainkan harus dilakukan menyebar di seluruh pelosok Indonesia (desentralisasi)," ungkap Eko Prasetyanto saat membuka Pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Penguatan Desa (P3PD) Gelombang IV di Sumatera Barat, Selasa.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 16-19 Oktober 2023 di lima hotel yang ada di Padang.

Peserta pelatihan gelombang IV berasal dari kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Dharmasraya dan Kota Pariaman.

Baca juga: Ketua DPRD Padang 2024-2029 Diemban Muharlion, Wakil Ketua Dijabat Mastilizal Aye, Osman Ayub dan Jupri

Pelatihan ini dibagi kedalam 16 kelas dengan pembagian 7 kelas untuk pelatihan Penetapan dan Penegasan Batas Desa (PPBDes) dan 9 kelas untuk pelatihan PAD (Pelatihan Aparatur Desa).

Dikatakan Eko Prasetyanto, pada hakekatnya, pembangunan daerah merupakan kewenangan dari pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Sedangkan pemerintah, berfungsi sebagai motivator dan fasilitator dalam percepatan pembangunan desa.

"Bahwa Proklamator bangsa Bung Hatta pernah mengungkapkan, Indonesia tidak akan bercahaya jika cahayanya hanya berasal dari Jakarta, maka sumber cahaya itu akan berkobar seantaro bangsa, jika lilin-lilin dari desa semuanya dihidupkan," kata Eko.

Baca juga: Padang jadi Tuan Rumah Festival Adat dan Budaya Nusantara 3, Ini Arahan Wagub Sumbar

Eko Prasetyanto menjelaskan, salah satu cara untuk menghidupkan lilin tersebut adalah dengan melakukan evaluasi tingkat perkembangan desa. "Apakah swadaya, sudah swakarya atau sudah swasembada," ungkap Eko.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: