Sumbar Siap Wujudkan Pemerintahan Digital yang Terkoneksi hingga Desa

Selasa, 17 Oktober 2023, 20:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Siap Wujudkan Pemerintahan Digital yang Terkoneksi hingga Desa
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima penghargaan dari Wakil Menteri Kominfo RI, Nezar Patria pada rapat koordinasi nasional Kementerian Kominfo, di Jakarta, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

JAKARTA (17/10/2023) -- Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui pemanfaatan layanan jaringan intra pemerintah dan pemanfaatan layanan mail multidomain jadikan Pemprov Sumbar raih dua penghargaan dari Kementerian Kominfo RI.

Kedua apresiasi itu diserahkan Wakil Menteri Kominfo RI, Nezar Patria dan Dirjen Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani pada rapat koordinasi nasional Kementerian Kominfo yang mengangkat tema "Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik" di Jakarta, Selasa.

Dalam amanatnya, Nezar Patria mengatakan, penguatan integrasi dan interoperabilitas arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) nasional, akan menambah kekuatan dalam percepatan mewujudkan SPBE di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, SPBE harus mengacu pada keterpaduan, kesinambungan, efektivitas dan interoperabilitas.

Baca juga: Gubernur Lantik Hani Syopiar Rustam jadi Pjs Wali Kota Bukittinggi, Bertugas 2 Bulan

"Akselerasi implementasi SPBE dilakukan melalui kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, meniadakan kepentingan sektoral dan memastikan kapasitas SDM dalam partisipasi," ujar Nezar.

Sementara, Gubernur Sumbar, Mahyeldi usai menerima penghargaan itu menyampaikan komitmen dalam mewujudkan pemerintahan digital, tidak hanya ke pusat tapi terhubung hingga ke tingkat nagari.

"Implementasi teknologi adalah suatu kemestian yang harus kita wujudkan menuju Indonesia Emas 2045."

"Untuk mewujudkan hal itu komitmen pemerintah daerah, ketersediaan jaringan dan SDM perlu jadi perhatian," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: Mahyeldi Jalani Cuti Kampanye Pilkada, Fasilitas Dinas Diserahkan ke Plt Gubernur

SPBE mewujudkan smart government dengan membangun layanan publik yang publik yang kompleks secara baik, efektif dan efisien.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024