BKD Padang Petakan Kompetensi PNS

Senin, 14 Desember 2015, 19:01 WIB | News | Kota Padang
BKD Padang Petakan Kompetensi PNS
Kepala BKD Padang, Asnel meninjau pelaksanaan uji kompetensi ribuan PNS di Setdako Padang, Senin (14/12/2015). Ujian kompetensi ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang, melakukan pemetaan jabatan eselonering di jajaran Pemerintah Kota Padang. Pemetaan jabatan dilaksanakan melalui ujian kompetensi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ujian tersebut diikuti ribuan pejabat eselon di ruang CAT BKD Padang, Kompleks Balaikota Padang, Senin (14/12/2015).

Kepala BKD Padang, Asnel mengatakan, pemetaan jabatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung reformasi birokrasi melalui upaya menata kembali tata kelola pegawai. "Pemetaan jabatan ini untuk seluruh pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemko Padang," ujarnya.

Disebutkan Asnel, tujuan penting pemetaan jabatan ini yakni untuk melakukan penempatan pegawai sesuai dengan kemampuannya. Asnel menambahkan, melalui pemetaan jabatan ini akan diketahui dimana posisi atau tempat yang cocok bagi ASN yang ikut dalam ujian pemetaan tersebut.

"Bukan lulus tak lulus, tetapi di mana tempat yang cocok untuknya. Jika selama ini seorang pejabat merasa jenuh di perencanaan, mungkin akan ditempatkan di tempat lain seperti pengawasan atau operasional," sebut Asnel.

Baca juga: Prodi Pariwisata ISI Padang Panjang Datangkan Direktur Pemasaran Kemenpar, Ini Targetnya

Dikatakan Asnel, dalam uji kompetensi itu, seluruh soal ujian bagi pejabat eselon III dan IV telah disiapkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI dan BKN Regional XII.

"Soal yang diujikan tersebut mencakup seluruh jabatan yang ada dan nanti BKN sendiri yang akan membuat peta jabatannya," tukas Asnel didampingi Bambang S (Kabid Mutasi, Kepangkatan dan Pensiun) serta Eka Putra (Kasubid Mutasi).

Asnel menuturkan, pelaksanaan ujian tersebut dilakukan selama lima hari yang ditutup pada Jumat (18/12) depan. Ujian diikuti 1.400 pejabat eselon III dan IV. Masing-masing peserta diwajibkan menjawab 100 pertanyaan yang diberikan selama 60 menit.

"Kita harapkan seluruh peserta dapat mengikutinya dengan serius. Nantinya seluruh hasil akan serahkan ke BKN untuk kemudian kita berikan kepada Walikota sebagai pertimbangan," pungkas Asnel. (vri)

Baca juga: Kombes Ferry Harahap Wisuda Gelar Doktor Administrasi Publik, Ini Harapan Plt Gubernur Sumbar

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024