Hidayat Ingatkan Anak Bangsa untuk Tak Berbangga dengan Budaya Bangsa Lain

Senin, 04 September 2023, 11:24 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Hidayat Ingatkan Anak Bangsa untuk Tak Berbangga dengan Budaya Bangsa Lain
Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat bersama Khairul Jasmi (dari harian Singgalang) saat jadi narasumber Dialog Kebudayaan Yang Muda Yang Berbudaya, di kawasan Alai Parak Kopi, Jumat. (humas)

PADANG (1/9/2023) - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat mengingatkan seluruh elemen anak bangsa, untuk tidak perlu bangga dengan budaya bangsa lain, karena belum tentu cocok dengan nilai budaya bangsa Indonesia.

"Budaya kita memiliki kearifan luar biasa seperti nilai gotong royong dan toleransi, disiplin, tanggung jawab sosial dan juga menghargai keberagaman budaya dan juga keyakinan," ungkap Hidayat di Padang, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat, anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Sumbar I (Kota Padang) itu, saat jadi narasumber Dialog Kebudayaan Yang Muda Yang Berbudaya dengan tema menulis nilai-nilai Adat di era digital, di kawasan Alai Parak Kopi, Jumat.

Hidayat menilai, disain budaya sendiri, akan menghasilkan nilai ekonomi produktif dan ekonomi kreatif.

Baca juga: 2662 Guru Honorer Sumbar Dinyatakan Pemerintah Lulus Seleksi PPPK, Ngadu ke Dewan karena Pengangkatan Tak Jelas

"Kita berharap, budaya kita bisa menghasilkan ekonomi dengan tarian tradisional, alat musik dengan berkolaborasi berbagai instansi seperti Dinas Pebudayaan, Dinas Pariwisata dan lainnya,"urai Hidayat.

Dalam dialog yang dipandu Jonedi Kambang tersebut, juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kebudayaan Sumbar.

Dialog tersebut dihadiri para generasi muda dari berbagai organisasi ternasuk Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar.

Dengan dialog kebudayaan ini, Hidayat berharap, generasi muda di Sumatera Barat khususnya Kota Padang, memahami potensi-potensi kearifan lokal, potensi-potensi budaya, bahas daerah potensi kesenian tradisional, permainan anak tradional serta literasi cagar Budaya.

Baca juga: Dibangun Februari 2018, Hingga 2024 Tak Satupun Ruas Tol Tuntas, Ini Kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar

"Dengan pengenalan budaya, kita berharap ini jadi kebanggaan bagi generasi muda," harap Hidayat.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: