Bupati Pessel Ikut Simposium Nasional Apkasi dengan MenPAN-RB

Kamis, 31 Agustus 2023, 11:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Bupati Pessel Ikut Simposium Nasional Apkasi dengan MenPAN-RB
Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, didampingi Kadis Pendidikan & Kebudayaan Salim Muhaimin, dan Kadis Kesehatan dr Syarizal Antoni, mengikuti Simposium Nasional APKASI, di Jakarta, Selasa (08/08). Foto: Dok Prokopim Setdakab Pessel

PESISIR SELATAN (31/08/2023) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Salim Muhaimin, dan Kepala Dinas Kesehatan dr Syarizal Antoni, mengikuti Simposium Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Selasa.

Simposium ini mengambil tema "Mewujudkan Sumber Daya Manusia sehat dan Unggul Melalui Kemitraan Perguruan Tinggi Menyongsong Indonesia Emas 2045", di Aula Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan Jakarta, diikuti 102 Kabupaten se Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas dalam sambutan, meminta agar pemerintah kabupaten bisa mengidentifikasi masalah dalam masyarakat.

Khususnya, dalam bidang pendidikan, pengadaan tenaga pendidik, dan kemudian menyusun rencana strategi.

Baca juga: Reformasi Birokrasi Pemprov Sumbar Tahun 2023 Raih Predikat Sangat Baik, Ini Pesan Gubernur

"Melalui simposium ini, kita memiliki kesempatan berharga untuk bersama - sama, mengidentifikasi permasalahan yang ada, mendiskusikan strategi terbaik, dan menghasilkan solusi inovatif," ungkap Azwar Anas, dalam relis diterima Kamis (31/08/2023).

Dukungan itu, diberikan dalam konteks pengadaan aparatur sipil negara (ASN), yang lebih baik di masa mendatang.

Menurut Anas, rencana pengadaan ASN, sebaiknya prediktif akan dinamika dan perkembangan dunia di masa depan, termasuk pesatnya perkembangan teknologi.

"Tantangan yang dihadapi dalam mengisi kekurangan jabatan guru, dan tenaga kesehatan, begitu kompleks. Terlebih, karakteristik geografis Indonesia, yang tentu berpengaruh pada mobilitas tenaga pendidik di berbagai daerah," tambahnya.

Baca juga: Reformasi Birokrasi Payakumbuh Raih Predikat Sangat Baik, Ini Pesan Wali Kota

Kompleksitas tantangan itu, tentu bisa dihadapi dengan strategi yang matang.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: