Kendalikan Inflasi, Bukittinggi Luncurkan SIHP, Bisa Diakses secara Daring, Ini Linknya

Selasa, 22 Agustus 2023, 23:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI (21/8/2023) - Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bukittinggi, luncurkan sistem informasi harga pangan (SIHP).

Kegiatan yang berlangsung di BCC, Senin itu, dihadiri Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar melalui Wakil Wali Kota, Marfendi serta sejumlah OPD terkait lainnya.

Marfendi dalam kesempatannya menyampaikan, tranformasi digital menjadi langkah penting yang harus dilakukan secara terintegrasi, terstruktur dan matif, termasuk diantaranya dalam upaya pengendalian inflasi.

Berkaitan dengan hal itu, kata Marfendi, Pemko Bukittinggi melalui tim pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menyusun aplikasi yang menginformasikan harga pangan dan kebutuhan pokok penting lainnya, yang dinamakan SIHP Bukittinggi.

Baca juga: Deflasi April 2024 di Sumatera Barat Dipicu Turunnya Harga Komoditas Pangan

"Semoga terobosan dan inovasi ini dapat memberikan dampak pada upaya pengendalian inflasi daerah, sehingga diharapkan target nasional masih tetap bisa dijaga serta dapat meningkatkan interkonekvitas antar penduduk dan antarbisnis," paparnya.

Sementara, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Ahda Hidayat menyebutkan, dengan adanya aplikasi SIHP Kota Bukittinggi, tentunya dapat menfasilitasi pemerintah daerah dalam pengelolaan data base informasi harga yang nantinya akan membantu dalam membangun ketahanan pangan daerah, kestabilan harga dan pengendalian inflasi daerah.

"Aplikasi ini juga dapat memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan dalam pengendalian harga, pelaku ekonomi, pengusaha, UMKM, para pedagang kecil dan masyarakat untuk mendapatkan info harga pangan yang aktual," sebutnya.

Diketahui, aplikasi SIHP dapat diakses melalui https://sihp.bukittinggikota.go.id.

Baca juga: BI Sumbar Gelar Silaturahmi Idul Fitri, Gubernur: Bencana Alam Pengaruhi Inflasi

Website SIHP juga sudah terintegrasi melalui aplikasi SBH (Sistem Bukittinggi Hebat) http://play.google.com/store/apps/details?id=ai.squad.kominfo.sbh. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: