Kecamatan Padang Timur Gagas Pelaporan Imunisasi Berbasis Internet

Rabu, 02 Desember 2015, 19:03 WIB | News | Kota Padang
Kecamatan Padang Timur Gagas Pelaporan Imunisasi Berbasis Internet
Padang Timur, Rachmadeny Dewi Putri, memberikan sambutan pada workshop dan launching website imunisasi di aula kantor camat Padang Timur, Rabu (2/12/2015). (humas)

VALORAnews - Camat Padang Timur, Rachmadeny Dewi Putri menggagas pelayanan dan pelaporan imunisasi berbasis website. Gagasan ini dikerjasamakan dengan para dokter muda Universitas Andalas dan Puskesmas Andalas.

Selama ini, ungkap Rachmadeny, pelaksanaan imunisasi pada jejaring kesehatan yang ada di kecamatan, sudak maksimal dilakukan. Namun, pada data yang terlaporkan masih rendah. Hal ini karena adanya kendala dalam laporan, yang memang masih dilakukan secara konvensional.

"Saat ini kita memanfaatkan teknologi informasi, untuk memaksimalkan pelaporan imunisasi sekaligus sebagai media promosi kesehatan khusus imunisasi anak," ungkap Rachmadeny di sela kegiatan workshop dan launching website imunisasi di aula kantor camat Padang Timur, Rabu (2/12/2015).

Dia menyambut positif partisipasi aktif para dokter muda Unand, dalam meningkatkan pencapaian target imunisasi dan membantu dalam penggarapan website tersebut.

Baca juga: Didukung Bio Farma: Capaian Imunisasi Lengkap Jawa Barat Tembus 107 Persen

"Kami sangat menyambut baik niat para dokter muda untuk memaksimalkan pelaporan imunisasi di Kecamatan Padang Timur. Mudah-mudahan, ini inovasi yang dapat dicontoh oleh kecamatan lain. Kami siap jadi percontohan kerjasama jejaring kesehatan," katanya, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Sementara, para dokter muda yang diwakili Budi Andika mengungkapkan, dari hasil diskusi dan evaluasi yang telah dilakukan, ternyata sistem pelaporan imunisasi tidak maksimal. Sehingga, pencapaian dianggap rendah.

"Banyak data pelaporan dari jejaring kesehatan yang ada tidak sampai ke Puskesmas. Untuk itu kami berpikir, perlu ada sistem pelaporan dengan memanfaatkan media baru," ujarnya.

Kepala Puskesmas Andalas, dr Dewi M Sidiq mengungkapkan, jejaring kesehatan yang ada di Padang Timur, selama ini memang kurang maksimal melaporkan kegiatan imunisasi. Kendalanya, masih terkait sistem tersebut.

Baca juga: Mentawai Targetkan Realisasi Imunisasi Polio Capai 95 Persen Anak Sasaran

"Dengan adanya website imunisasi Kecamatan Padang Timur, diharapkan pelaporan akan lebih maksimal sehingga dari data pelaporan tersebut dapat diketahui pencapaian imunisasi dari target yang ditetapkan," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: