Suwirpen Sosialisasikan Program Rehabilitasi RTLH di Kecamatan Koto Tangah

Rabu, 09 Agustus 2023, 10:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Suwirpen Sosialisasikan Program Rehabilitasi RTLH di Kecamatan Koto Tangah
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib sosialisaskan program rehabilitasi RTLH di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Jumat. (humas)

PADANG (28/7/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Suwirpen Suib menilai, kemajuan sebuah daerah selain dapat dilihat dari pembangunan fisiknya juga dapat dilihat dari tingkat kesejahteraan masyarakatnya.

"Salah satu indikator kesejahteraan masyarakat adalah kondisi perekonomian serta kualitas hidup warga," ungkap Suwirpen saat menghadiri Sosialisasi dan Rembug Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Jumat.

Menurut dia, proses pembangunan itu tidak dapat lepas dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Masyarakat yang sejahtera adalah masyarakat yang bisa menikmati kemakmuran utuh, tidak miskin, tidak menderita kelaparan, menikmati pendidikan, mampu mengimplementasikan kesetaraan gender dan merasakan fasilitas kesehatan," urai Suwirpen.

Baca juga: BUPATI PESSEL Rehab RTLH di Aur Begalung Bayang

Masyarakat sejahtera dapat terwujud, ungkap politisi Partai Demokrat ini, jika penduduk mampu berpartisipasi dalam pembangunan. "Maka, strategi dan upaya pembangunan harus bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

"Dalam hal ini, rumah jadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap orang, rumah merupakan hal penting dalam kehidupan berdampingan dengan sandang dan pangan," terang Suwirpen.

Dibeberapa wilayah di Kota Padang, rendahnya kemampuan masyarakat untuk membangun rumah layak huni mengakibatkan banyak masyarakat menempati Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Hal tersebut memicu munculnya permukiman kumuh, menimbulkan masalah sosial, ekonomi dan berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

Baca juga: Pemko dan DPRD Bukittinggi akan Perbaiki 87 Rumah Warga, Dananya Rp2,808 Miliar

"Untuk itu, sebagai wakil rakyat di tingkat provinsi, kami merancang kegiatan Rehabilitasi RTLH secara berkesinambungan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat," ungkap Suwirpen. (*)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: