Pemprov Sumbar Salurkan Beras Cadangan Pangan untuk Korban Longsor Tanjung Sani

Kamis, 03 Agustus 2023, 15:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemprov Sumbar Salurkan Beras Cadangan Pangan untuk Korban Longsor Tanjung Sani
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumbar, Syaiful Bahri mewakili gubernur Sumbar, menyerahkan bantuan beras cadangan pangan pada Bupati Agam, Andri Warman, di Kantor Wali Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu. (humas)

AGAM (2/8/2023) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat serahkan cadangan pangan berupa beras sebanyak 22.266 kilogram untuk korban longsor di Kecamatan Tanjung Raya.

"Bantuan ini, merupakan salah satu program Dinas Pangan Sumbar yaitu bantuan cadangan pangan. Jadi, jika terjadi bencana alam di setiap kabupaten/kota dan jika ada permintaan bantuan ke Pemprov, maka bantuan yang diberikan terlebih dulu adalah bantuan cadangan pangan ini," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumbar, Syaiful Bahri saat menyerahkan bantuan mewakili gubernur Sumbar, Rabu.

Bantuan beras ini dierima Bupati Agam, Andri Warman, di Kantor Wali Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya.

Dikatakan, cadangan pangan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

Baca juga: Pasukan Piliang Penuhi GOR Lubuk Basung untuk Berhalal Bilhalal, Ini Harapan Sekda Agam

Sementara, Andri Warman mengucapkan terimakasih pada Pemprov Sumbar atas bantuan yang diberikan.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sumbar kepada masyarakat atas musibah yang terjadi di Kabupaten Agam khususnya di Kecamatan Tanjung Raya," ujarnya.

Dikatakan, bencana banjir bandang yang disertai longsor ini, telah mengakibatkan dampak yang cukup banyak. Salah satunya adalah putusnya akses jalan ke daerah pusat bencana, yaitu di Nagari Tanjung Sani.

"Alhamdulillah, saat ini akses jalan sudah bisa dilalui, sehingga pendistribusian bantuan bisa lebih cepat dan mudah," jelasnya.

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Menurutnya, dari jumlah bantuan yang diberikan ini, maka setiap keluarga yang terdampak bencana akan mendapatkan beras lebih kurang sebanyak 4,5 kilogram per hari, untuk 15 hari pasca bencana.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: