Dr Mahyudin Ritonga Terpilih Aklamasi jadi Ketua HMTI Sumbar

Selasa, 01 Agustus 2023, 07:33 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Dr Mahyudin Ritonga Terpilih Aklamasi jadi Ketua HMTI Sumbar
Direktur Program Pasca Sarjana (PP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr Mahyudin Ritonga yang terpilih secara aklamasi sebagi Ketua DPW HMTI Sumatera Barat, dalam musyawarah yang digelar, Ahad.

PADANG (1/8/2023) - Musyawarah perdana Himpunan Masyarakat Tabagsel Indonesia (HMTI) Sumatera Barat, secara aklamasi menyepakati Dr Mahyudin Ritonga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

"Kita berharap, masyarakat Tabagsel yang ada di Sumatera Barat ikut bergabung dan bersatu demi kebersamaan," ungkap Mahyudin, Direktur Program Pasca Sarjana (PP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat itu, usai terpilih.

Pemilihan ini dipimpin Bonar Harahap, sebagai pemegang mandat DPP HMTI, dalam rapat yang digelar di RM Bang Bonar, Jalan Jeddah 1, Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat, Ahad (30/7/2023) siang.

Selain memilih ketua DPW HMTI Sumbar, rapat juga menyepakati Sahlul Pulungan sebagai sekretaris dan Salman Rambe jadi bendahara.

Selanjutnya, sidang musyawarah ini juga menetapkan struktur organisasi yang terdiri dari wakil ketua, wakil bendahara, wakil sekretaris serta departemen seperti departemen seni dan adat budaya, untuk membantu jalannya roda organisasi kemasyarakatan ini.

Musyawarah ini juga menetapkan Hatobangon, Dewan Penasehat dan Dewan Pakar. Posisi-posisi di level ini ditempati oleh orang-orang yang dinilai berkompeten.

Mereka terdiri dari kalangan akademisi dan tokoh-tokoh masyarakat Tabagsel di Sumatera Barat.

Mahyudin Ritonga optimistis, roda ormas HMTI bisa sukses di Sumbar, sehingga warga Tabagsel kuat di perantauan. Dia juga komit menjalankan visi dan misi Ormas HMTI di Sumbar.

Visi Perhimpunan ini yakni "Terwujudnya HMTI sebagai mitra independen terpercaya dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Tabagsel yang religius, nasionalis dan beradat 'Dalihan Na Tolu' menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur."

Di Kota Padang, Sumatera Barat, sedikitnya terdapat 23 Ormas kedaerahan asal Provinsi Sumatera Utara. Mulai dari Parsadaan Marga Harahap Dohot Anak Boruna, Siala Sampagul dan Satahi Sauduran serta Padang Balok dan lainnya.

Kemudian, ada 10 organisasi mahasiswa, mulai dari Ikatan Mahasiswa Labusel, Ikatan Mahasiwa Tapanuli Selatan serta lainnya. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: