Hamsuardi Temui Dirjen PSP Kementan, Ini yang Disampaikan

Kamis, 13 Juli 2023, 14:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Hamsuardi Temui Dirjen PSP Kementan, Ini yang Disampaikan
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan sejumlah staf, dialog dengan Dirjen Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian RI, Ali Jamil di Jakarta, Rabu. (humas)

JAKARTA (12/7/2023) - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi temui Dirjen Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian RI, Ali Jamil di Jakarta, Rabu. Kunjungan ini dalam rangka konsultasi tentang fasilitasi kegiatan Prasarana dan Sarana Pertanian di Pasaman Barat.

Dikesempatan itu, Hamsuardi menyampaikan kondisi terkini lahan usaha tani di Pasaman Barat yang sangat membutuhkan perbaikan prasarana pertanian.

Seperti, pembukaan lahan usaha tani baru di daerah sentra hortikultura dan juga penyediaan sarana pertanian seperti alat mesin pertanian untuk melaksanakan kegiatan pengolahan lahan.

"Pertemuan itu juga membahas tentang permasalahan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)," ungkap Hamsuardi yang didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) serta Perencana Ahli Muda DTPH.

Terkait KUR ini, ungkap dia, akan ditindaklanjuti dengan mengadakan rapat koordinasi antara petani, pihak Bank, OJK, dan Ombudsman, dengan menghadirkan tim pembiayaan dari pusat.

"Perbaikan jaringan irigasi tersier yang rusak akibat gempa pada Februari 2022 lalu, serta kerusakan lainnya yang akan difasilitasi kegiatan rehabilitasi jaringan oleh kementerian, juga dikomunikasikan," ungkap dia.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ali Jamil sangat menyambut positif usulan itu dan akan berusaha mengakomodirnya.

Ia menambahkan, dengan adanya Perda LP2B, Kabupaten Pasaman Barat sudah memperkuat jaminan tidak akan ada alih fungsi lahan sawah.

"Sawah-sawah yang termasuk dalam Peta LP2B pada Perda tersebut akan difasilitasi bantuan sarana dan prasarana pertanian, sesuai dengan pedoman pemberian bantuan," ungkapnya. (*)

Penulis: Devan Alvaro
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: