FPK Diminta jadi Mata dan Telinga Pemko Padang

Kamis, 26 November 2015, 10:43 WIB | News | Kota Padang
FPK Diminta jadi Mata dan Telinga Pemko Padang
Panitia kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) 2015 yang juga Kepala Kesbangpol Padang, Eri Sendjaya, memberikan laporan saat pengukuhan pengurus FPK Kota Padang yang dipimpin, Suardi Z Rajo Basa, Rabu (25/11/2015). (humas)

VALORAnwes - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) diharapkan jadi mata dan telinga bagi Pemko Padang. Dengan itu nantinya, akan tercipta kedamaian dalam berbangsa dan bernegara.

Hal itu diungkapkan Walikota Padang yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Bambang Sutrisno saat mengukuhkan pengurus FPK Kota Padang, di ruang rapat Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang, Rabu (25/11/2015).

"Kita berharap forum ini dapat bekerjasama dengan yang lain dan menjadi mata telinga kita untuk kedamaian," ujar Bambang, seperti dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Diungkapkannya, di daerah lain sering terjadi konflik. Baik itu konflik antar suku, agama dan lainnya. Karena itu, FPK yang telah dikukuhkan agar turun ke setiap rumah warga. "FPK harus mengetahui warga sedini mungkin," tukas Bambang.

Baca juga: 30 Personel Lantamal II Padang Goro Bersama Warga Nagari Panampuang Singkirkan Material Lahar Dingin

Dikatakan Bambang, selama ini sangat jarang Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) yang berkunjung ke rumah-rumah warga. Kecuali bila terjadi konflik perkelahian rumah tangga. "Kita hidup di Minangkabau, tentunya tidak boleh memakai asas masa bodoh, hanya bertindak saat terjadi tindakan yang tidak diinginkan," sebutnya.

Walikota Padang, sebut Bambang, mendukung terbentuknya FPK Padang ini. Forum ini akan jadi wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar masyarakat untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

"Sebagai lembaga yang terintegrasi dengan penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah, forum ini diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam membina dan mengimplementasikan kegiatan pembauran kebangsaan di kalangan masyarakat luas di daerah masing-masing," katanya.

Usai mengukuhkan FPK Kota Padang, juga digelar sosialisasi, monitoring, dan evaluasi antara organisasi masyarakat, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya. Dengan sosialiasi itu, dapat terinventarisir kendala-kendala dalam pembauran kebangsaan di Kota Padang, sehingga FPK mampu melaksanakan fungsinya secara efektif dan peka terhadap aspirasi yang sesuai dengan perkembangan dinamika masyarakat.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"FPK juga diharapkan bisa menumbuhkembangkan paham semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air di kalangan masyarakat sehingga tetap terpeliharanya keutuhan NKRI," sebut panitia kegiatan FPK 2015, Eri Sendjaya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: