Dari Tutorial Hijab ke Barzah

Kamis, 26 November 2015, 10:37 WIB | News | Kota Padang
Dari Tutorial Hijab ke Barzah
Corp Dai Dompet Dhuafa Singgalang, Ustadz Imam Mashroni, tengah mempraktekkan tutorial penyelenggaraan jenazah di hadapan para Hijabers Community Padang di Masjid Muhsinin, Jl Rasuna Said, Khatib Sulaiman, Padang Barat, Minggu (22/11/2015). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Hijabers Community Padang, Kartika Andam Sari mengungkapkan, biasanya mereka melaksanakan pelatihan tutorial hijab. Seiring permintaan anggota, juga melakukan pelatihan penyelenggaraan jenazah, jauh berbeda dari tema pengajian setiap bulan sebelumnya.

"Hijabers Community Padang setiap bulannya rutin mengadakan pengajian, untuk menambah bekal agama anggotanya. Lokasi pengajian kami, biasanya berpindah-pindah," ungkap Kartika Andam Sari, saat membuka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, Minggu (22/11/2015).

Merangsang kehadiran anggota tepat waktu, Hijabers Community Padang memberikan merchandise menarik, bagi peserta yang datang tercepat ke lokasi pengajian. Pelatihan penyelenggaraan jenazah ini menghadirkan Corps Dai Dompet Dhuafa Singgalang, Ustadz Imam Mashroni. Sebanyak 35 orang peserta antusias menyimak pelatihan yang berlangsung dari pukul 09.300 hingga jelang dzuhur.

"Banyak dari syariat-syariat penyelenggaraan jenazah yang bertolak belakang dengan sunnah. Masyarakat biasanya lebih mengikuti tradisi (budaya) yang dianut masyarakat setempat. Karena itulah, pelatihan disini dimaksudkan meluruskan hal-hal yang berbeda dari syariat tersebut," tutur Ustadz Imam.

Baca juga: 7 Website Penghasil Uang Terbukti Membayar Desember 2023, Misi Survey Hingga Nonton Video

Ustadz Imam menjelaskan, contoh dari syariat yang berbeda dengan sunnah antara lain, banyak tali yang digunakan dalam mengikat jenazah, jumlah kain kafan yang digunakan. Kemudian, posisi mayat saat dimandikan, shalat dan dikuburkan, dan banyak hal lain yang jadi pengetahuan baru bagi anggota Hijabers Community.

Acara ditutup dengan penyaluran sejumlah infak dari komunitas ini, dan tak lupa foto bersama seluruh peserta pelatihan dengan Tim Dompet Dhuafa Singgalang, yang menyatakan rasa terimakasih yang besar atas transfer ilmu yang telah dilaksanakan, tentang pentingnya memahami segala prosesi penyelenggaraan jenazah di tengah-tengah masyarakat zaman sekarang.

"Terimakasih atas kontribusi yang diberikan Dompet Dhuafa Singgalang yang telah menyalurkan ilmunya bagi kami. Semoga kelak kita dapat menerima transfer ilmu berbeda, pada agenda pengajian di lain hari," pungkas Kartika Andam Sari. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024