DPT Pemilu 2024 Kabupaten Agam 388.000 Pemilih, Ini Rincian per Kecamatan

Minggu, 25 Juni 2023, 06:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
DPT Pemilu 2024 Kabupaten Agam 388.000 Pemilih, Ini Rincian per Kecamatan
Ketua KPU Agam, Herman Susilo serahkan DPT Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Agam pada Elvys (Ketua Bawaslu Agam) usai rapat pleno terbuka di aula kantor Bappeda, Rabu sore. (humas)

AGAM (25/6/2023) - Jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Agam, ditetapkan KPU Agam sebanyak 388.000 pemilih. Rinciannya, 193.255 adalah pemilih laki-laki dan 194.745 adalah pemilih perempuan.

Sementara, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) 1.721 unit yang tersebar pada 92 nagari dalam 16 kecamatan di Kabupaten Agam.

"Penetapan DPT telah melalui proses panjang yang sudah dilakukan mulai tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dengan basis pemutakhiran, jumlah maksimal pemilih di TPS," ungkap Ketua KPU Agam, Herman Susilo pada pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT, Rabu sore.

Dikatakan, lewat Pantarlih kemudian dilakukan melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih. Selanjutnya, melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

Baca juga: KPU Agam Gelar Rapat Persiapan Peluncuran Kampanye Damai Pemilu 2024, Ini Saran Kapolres

Data yang didapat dari Pantarlih, terangnya, kemudian diverifikasi agar tercapai validitas data, mulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten.

Dikatakannya, melalui pleno Panitia Pemungutan Suara (PPS), selanjutnya tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), dan tingkat Kabupaten oleh KPU Agam melalui rapat pleno rekapitulasi dan penetapan, didapatkan daftar pemilih sementara (DPS).

Selanjutnya, hasil DPS diumumkan dan dimintai tanggapan masyarakat, kemudian dilakukan lagi verifikasi tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten, sehingga dilakukan penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

Tidak sampai disitu hasil DPSHP kembali diumumkan dan diminta tanggapan masyarakat, sehingga didapatlah DPSHP akhir hasil perbaikan, sebagai basis penetapan DPT.

Baca juga: Syaratnya hanya Punya Kuota Internet, Ini Link dan Langkah Pemilih di Agam Cek DPT Pemilu 2024

"Alhamdulillah, sampai pada tahapan penetapan DPT, semua berjalan lancar. Kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan meminta dukungan banyak pihak, khususnya masyarakat sehingga tahapan pemilu selanjutnya bisa berjalan sesuai dengan jadwal," harap Herman Susilo.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH