PDAM Tirta Antokan Targetkan 900 Pelanggan Baru di Agam

Sabtu, 21 November 2015, 20:43 WIB | Olahraga | Kab. Agam
PDAM Tirta Antokan Targetkan 900 Pelanggan Baru di Agam
Salah satu sumber air PDAM Tirta Antokan, Agam, Batang Silasuang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memiliki sedikitnya 12.000 pelanggan yang tersebar di sembilan unit, data per Juli 2015. Untuk 2015 ini, ditargetkan pemasangan baru sebanyak 900 pelanggan dan baru terealisasi sebanyak 300 unit.

"Pemasangan baru ini dipioritaskan di Unit Tiku yang berada di Durian Kapeh, Simpang Jaguang dan lainnya, karena di Unit Tiku ini telah dibangun intake baru pada 2014," ungkap Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Eryanson, Sabtu (21/11/2015).

Dikatakan Eryanson, pemasangan baru ini merupakan prioritas pada 2015. Karena, ketersediaan air bersih cukup banyak di s itu. "Selain itu, daerah ini masih tinggi kebutuhan air bersih, sedangkan pada 2014, target pemasangan baru sebanyak 750 pelanggan, terealisasi sebanyak 484 pelanggan," katanya, seperti dikutip dari siaran pers Pemkab Agam.

Sembilan intake PDAM di Agam ini berlokasi di Unit Lubukbasung, Unit Matur, Unit IV Koto, Unit Sungai Pua, Unit IV Angkek, Unit Baso, Unit Maninjau, Unit Tiku dan Unit Batu Kambing. Kedepan, PDAM akan menambah jaringan, sehingga bisa melayani warga yang belum mendapatkan air bersih.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Selain itu, PDAM Tirta Antokan akan mengolah sumber air permukaan. Dengan cara ini, maka air bersih yang dihasilkan bisa jadi 100 liter per detik "Saat ini air bersih yang dihasilkan di satu intake, hanya 20 liter per detik. Kita menargetkan lima tahun kedepan akan tercapai nantinya," kata Eryanson didampingi Zardi (Divisi Teknis).

Untuk mencapai ini, PDAM Tirta Antokan membutuhkan dana yang cukup besar. Sementara PDAM Tirta Antokan tidak memiliki dana yang cukup untuk membangun ini. Dengan kondisi ini, pihaknya berharap pemerintah pusat memberikan bantuan untuk penambahan jaringan dan pengolahan air bersih. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: