CSS dan Rakernas AKKOPSI, Mahyeldi: Sampai Jumpa di Aceh

Jumat, 20 November 2015, 19:48 WIB | News | Kota Padang
CSS dan Rakernas AKKOPSI, Mahyeldi: Sampai Jumpa di Aceh
Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo menyerahkan pataka pada Walikota Banda Aceh, Hj Illiza sebagai daerah yang disepakati sebagai tuan rumah CSS XVI dan Rakernas Akkopsi VIII di 2016. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Konferensi City Sanitation Summit (CSS) XV dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi Indonesia (AKKOPSI) VII, melahirkan enam putusan penting. Selain itu, dalam pertemuan yang berlangsung pada 18-20 November di Padang itu, juga menetapkan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah CSS XVI dan Rakernas AKKOPSI VIII di 2016.

"Banda Aceh ditunjuk anggota Akkopsi, dalam hal ini delegasi CSS, untuk menyelenggarakan CSS XVI dan Rakernas Akkopsi VIII setelah sebelumnya Padang dan Bandung," sebut Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo saat penutupan, Kamis (19/11/2015) malam.

Dikatakan Mahyeldi, semua menyadari pentingnya sanitasi, karena membawa multiplayer effect baik terhadap kualitas kesehatan, lingkungan hingga pertumbuhan perekonomian daerah maupun nasional. Secara nasional di 2014 lalu, telah melampau target 62,4 persen. Namun, masih perlu usaha kerja keras lagi dalam mewujudkan universal akses sanitasi dengan 100 persen sanitasi layak pada 2020 mendatang.

Sementara, Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Saaduddin Djamal mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih pada seluruh peserta Rakenas AKKOPSI, yang telah mempercayai Banda Aceh sebagai tuan rumah CSS XVI 2016. "Ini merupakan amanah besar dan kami merasa terhormat atas kesempatan tersebut," ujarnya.

Baca juga: Pasbar Hibahkan Tanah di Padang Tujuh untuk Mako Kompi 3 Brimob Polda Sumbar

Dikatakan, percepatan pembangunan sanitasi di Indonesia, jadi sesuatu yang mendesak untuk segera dibenahi. "Bukan hanya dengan meningkatkan jumlah dan mutu sarananya, tapi juga dengan memperbaiki perilaku masyarakatnya," kata Illiza.

Dengan ketersediaan akses terhadap fasilitas sanitasi dasar, sambung Illiza, pencemaran lingkungan dapat berkurang sehingga suatu daerah akan memiliki lingkungan fisik yang lebih bersih.

"Hal tersebut pada akhirnya akan membuat masyarakat lebih sehat dan penyakit akibat buruknya sanitasi dapat dihindari," tutur Illiza.

Illiza mengakui, selama tiga hari ini, Kota Padang sukses jadi tuan rumah CSS XV. Illiza juga berharap CSS XVI di Kota Banda Aceh nanti juga akan berjalan lancar dan sukses.

Baca juga: Perubahan APBD Padang Tahun 2024 Ditetapkan Rp2,8 Triliun

"Kita berharap kegiatan CSS di Aceh berjalan sukses seperti halnya di Padang dan Kota Bandung," tutupnya. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024