Erman Safar: Kader PSM dan Penerima Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat Perlu Dievaluasi

Rabu, 10 Mei 2023, 19:35 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Erman Safar: Kader PSM dan Penerima Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat Perlu Dievaluasi
Wako Bukittinggi, Erman Safar serahkan bantuan program sembako dan PKH pada acara penyerahan bantuan di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Belakang Balok, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (10/5/2023) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah pusat, sedianya diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

"Karena itu, evaluasi perlu dilakukan terhadap Kader PSM dan juga mengevaluasi masyarakat penerima bantuan sosial," ujar Erman Safar pada acara penyerahan bantuan di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Belakang Balok, Rabu.

Diketahui, bantuan program sembako dan PKH, merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk menstimulus masyarakat penerima, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan tersebut secara bertahap dapat meringankan beban masyarakat untuk dapat lebih baik di masa yang akan datang.

Baca juga: BPOM Payakumbuh Sosialisasikan Pro-PN Keamanan Pangan di Bukittinggi, Ini Lokasinya

Bantuan seharusnya dapat lebih menyebar kepada masyarkat yang membutuhkan. Namun, hingga saat ini masih ada keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah menerima bantuan lebih dari lima tahun berturut-turut.

"Ini tentu harus ada evaluasi," tegas Erman Safar seraya mengatakan, akan melakukan evaluasi terhadap Kader PSM dan juga mengevaluasi masyarakat penerima bantuan.

Menurut dia, jatahnya sebanyak 10 juta orang se Indonesia, akan tetapi dalam kondisi sat ini, masih banyak yang lain yang butuh bantuan tak pernah dapat.

Disisi lain, kata Erman, masih ada warga penerima bantuan sudah bertahun-tahun masih menerima. Artinya, tujuan bantuan sebagai menstimulus ekonomi dan kesejahteraan warga, belum berjalan maksimal.

Baca juga: Seminggu Liburan Idul Fitri 1445 H, Bukittinggi Raup PAD Rp2,2 Miliar

"Diharapkan bantuan yang diberikan dapat dimanfatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat meringankan beban pengeluaran rumah tangga," paparnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: