Sejumlah Gubernur Juga Hadiri CSS XV di Padang

Rabu, 18 November 2015, 21:33 WIB | News | Kota Padang
Sejumlah Gubernur Juga Hadiri CSS XV di Padang
Wako Padang, Mahyeldi bersama Hervan Bahar (ketua pelaksana CSS XV), dalam sebuah wawancara di stasiun radio swasta di Padang, Rabu (18/11/2015). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Iven City Sanitation Summit (CSS) XV di Kota Padang, selain dihadiri bupati dan walikota, juga akan dihadiri beberapa gubernur. Direncanakan, para gubernur itu akan melaksanakan konvensi guna melahirkan suatu deklarasi para gubernur, bupati dan walikota.

"Deklarasi ini sebagai suatu komitmen dalam menyatukan pola pikir dan mindset mengenai pentingnya percepatan pelaksanaan pembangunan sanitasi, yang dibarengi dengan efektifitas pembiayaannya. Kehadiran para gubernur akan menguatkan program-program yang telah dirilis, dalam lingkup yang lebih luas," papar Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo, Rabu (18/11/2015), di Padang.

Mahyeldi yang didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Hervan Bahar menyebut, semua program terkait pengembangan sanitasi yang tengah berjalan, perlu disinkronkan dengan kebijakan dalam deklarasi tersebut. Termasuk juga program untuk mewujudkan mutu lingkungan yang lebih sehat.

CSS XV ini akan berlangsung selama tiga hari, Rabu petang dan Kamis (19/11/2015) dan ditutup Jumat (20/11/2015) di Hotel Grand Inna Muara. Iven ini mengusung tema "Penguatan Sinergi Implementasi PPSP menuju 100 persen Akses Sanitasi Indonesia 2019."

Baca juga: Pasbar Hibahkan Tanah di Padang Tujuh untuk Mako Kompi 3 Brimob Polda Sumbar

Sementara, Hervan Bahar selaku panitia pelaksana menjelaskan, pada hari pertama, diadakan penyambutan dengan format acara "Welcome Dinner" di Taman Melati, pukul 20.00 WIB.

Pada, Kamis (19/11/2015), CSS dibuka secara resmi dengan keynote speaker Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI dan kata sambutan Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Padang. Selanjutnya cara disi dengan konferensi dan Rakernas Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) VII diikuti gubernur, para walikota dan bupati.

Bersamaan dengan itu, juga dilaksanakan kunjungan lapangan ke tiga locus, yaitu ke Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) Sungai Latuang, Tempat Pengolahan Sampah Akhir (TPA) Air Dingin dan ke Pengelolaan Sampah Terpadu di Kampus Unand sekaligus ke Kampung Wisata Limau Manih.

Juga dilaksanakan ladies program yaitu sudah jadi keunikan dari setiap pelaksanaan CSS selalu ada kegiatan para istri kepala daerah anggota AKKOPSI yang akan mendeklarasikan dukungan mereka untuk pembangunan sanitasi.

Baca juga: Perubahan APBD Padang Tahun 2024 Ditetapkan Rp2,8 Triliun

"Rangkaian acara CSS ini sepenuhnya akan bernuansa kebudayaan Minangkabau mulai dari acara penyambutan di Taman Melati hingga penutupan yang akan diisi dengan pembacaan deklarasi kesepakatan hasil Rakernas AKKOPSI VII," tukas Hervan. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024