Supardi dan Zafri Deson Berkolaborasi Selesaikan Pembangunan Check Dam DAS Batang Kambang

Senin, 10 April 2023, 14:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Supardi dan Zafri Deson Berkolaborasi Selesaikan Pembangunan Check Dam DAS Batang Kambang
Ketua DPRD Sumbar, Supardi memberikan sambutan saat pertemuan dengan tokoh masyarakat Dusun Patamuan, Lubuk Sarik, Nagari Kambang Utara, Senin. (humas)

PAINAN (11/4/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi akan dukung penuh pembangunan check dam pengamanan tebing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Kambang yang melewati Lubuk Sarik di Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kita akan dukung pembangunan yang ada di Kambang Utara ini sesuai dengan kewenangan yang kami miliki baik itu infrastruktur maupun pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)," kata Supardi saat pertemuan dengan tokoh masyarakat Dusun Patamuan, Lubuk Sarik, Nagari Kambang Utara, Senin.

Menurut informasi yang diterima tokoh masyarakat setempat, anggaran untuk kelanjutan pembangunan check dam di Kambang Utara DAS Lubuk Sarik di-refocusing saat pandemi Covid-19. Adapun total anggaran yang dibutuhkan kisaran Rp13 miliar dengan sistem berkala.

Melalui anggota DPRD Sumbar yang berasal dari Kecamatan Lengayang, Zarfi Deson, akan diupayakan kembali anggaran untuk pembangunan check dam tersebut sebesar Rp6 miliar pada APBD Sumbar 2024.

Baca juga: DPRD Sumbar Panggil Kanwil BPN Sumbar dan Kantor BPN Padang, Bahas Konflik Agraria

Supardi berharap, masyarakat terus berkoordinasi dengan Zarfi Deson, agar pengerjaan proyek milik Pemprov Sumbar yang terbengkalai itu bisa diselesaikan. Jika tidak ada kendala yang berarti, ditargetkan pengerjaannya bisa selesai dalam waktu 1-2 tahun ke depan.

Senada, anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson mengungkapkan, pada APBD 2024 mendatang akan diupayakan anggaran Rp6 miliar untuk kelanjutan pembangunan check dam ini.

"Check dam yang harus diselesaikan di DAS sepanjang Nagari Kambang Utara, khususnya di Lubuk Sarik sekitar 200 meter. Jika tidak diselesaikan, desa tersebut akan terus jadi langganan banjir saat musim hujan," katanya.

Dia menambahkan, tidak hanya Lubuak Sariak yang terancam jadi langganan banjir, namun juga desa Ganting Kubang. Bahkan, saat hujan deras, volume air akan naik hingga ke kantor Walinagari Kambang Utara.

Baca juga: Supardi Kunjungi Booth Paviliun Sumbar di Aren PEJ 2024

Menurutnya, masyarakat sangat mengharapkan kelanjutan pembangunan cekdam yang sepanjang DAS Lubuak Sariak itu.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: