Dibuka Sekda, 3118 Siswa Ikuti Pesantren Ramadhan di Kecamatan Padang Selatan

Rabu, 05 April 2023, 22:40 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Dibuka Sekda, 3118 Siswa Ikuti Pesantren Ramadhan di Kecamatan Padang Selatan
Sekdako Padang, Andree Algamar berfoto bersama Forkopimca Padang Selatan dan Perwakilan Peserta Pesantren Ramadhan di Masjid Djabal Nur, Kelurahan Seberang Padang, Sabtu malam. (veri rikiyanto)

PADANG (25/3/2023) -- Sekdako Padang, Andree Algamar mengatakan, visi Kota Padang dalam rangka mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, adalah mewujudkan masyarakat yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing.

"Ini sangat penting artinya untuk dapat membimbing dan mengarahkan tingkah laku masyarakat yang taat, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, bermoral tinggi dan sangat peduli terhadap kepentingan umum," kata Andree saat membuka kegiatan Pesantren Ramadhan Kecamatan Padang Selatan di Masjid Djabal Nur, Kelurahan Seberang Padang, Sabtu malam.

Dikatakan, Pesantren Ramadhan tahun 2023 yang akan dilaksanakan dari tanggal 25 Maret-18 April 2023, menekankan pengintegrasian pendidikan generasi muda pada kompetensi dasar keagamaan dan kompetensi khusus generasi muda yang berakhlak.

Pesantren Ramadhan tahun 2023 ini, kata dia, mengusung tema melalui Pesantren Ramadhan Ikhtiar mewujudkan generasi Kota Padang yang berakhlak.

Baca juga: Pesantren Ramadhan SMA Sederajat Diikuti 240.046 Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumbar

Sementara, Pelaksana harian (Plh) Camat Padang Selatan, Tarmizi Ismail mengatakan, untuk tahun ini terdapat 56 masjid dan mushalla di Kecamatan Padang Selatan yang melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan, dengan jumlah peserta mencapai 3118 orang.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan, dapat menjadi wadah mendidik dan membina mental spritual generasi muda, serta lebih mendekatkan diri kepada tuhan," kata Tarmizi.

Hal ini, menurut Tarmizi, sangat penting untuk membentengi generasi muda dari hal-hal negatif yang dapat merugikan diri mereka sendiri, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang, serta aksi tawuran.

"Pesantren Ramadhan juga merupakan upaya mempersiapkan generasi muda kita menjadi bonus demografi Bangsa Indonesia yang cerdas, tangguh, berwawasan serta berakhlak mulia," tukas Tarmizi. (vri)

Baca juga: Kapolsek Nanggalo jadi Pemateri Pesantren Ramadhan di Mushalla Al Mujahidin, Ini yang Disampaikan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: