Nagari Wisata Lawang Matangkan Persiapan Jelang Visitasi Lapangan Tim Kurator ADWI 2023

Minggu, 26 Maret 2023, 00:08 WIB | Wisata | Kab. Agam
Nagari Wisata Lawang Matangkan Persiapan Jelang Visitasi Lapangan Tim Kurator ADWI 2023
Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Syatria, matangkan persiapan jelang visitasi lapangan Tim Kurator ADWI Tahun 2023 di kantor wali nagari, Sabtu. (humas)

AGAM (25/3/2023) - Nagari Wisata Lawang matangkan persiapan, jelang dikunjungi Tim Kurator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 bakal melakukan visitasi lapangan guna melakukan verifikasi kesesuaian data dan fisik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Syatria, Sabtu. Dikatakan, sebagai perwakilan Sumatera Barat, Nagari Wisata Lawang mantap melaju di ajang ADWI 2023.

"Nagari Lawang merupakan satu dari lima wisata terbaik di Sumatra Barat, terus menyempurnakan diri karena akan dikunjungi tim kurator," ujarnya.

Syatria memperkirakan, Ramadhan ini Tim Kurator ADWI 2023 bakal melakukan verifikasi lapangan ke Nagari Wisata Lawang.

Baca juga: Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

"Sebelum dilakukan verifikasi lapangan, tentunya apa-apa yang menjadi kesesuaian antara berkas dan fisik perlu dipastikan," ucapnya.

Diungkapkan Syatria, pada saat visitasi nanti Tim Kurator ADWI 2023 akan melakukan penilaian berdasarkan lima kategori nominasi.

"Setelah ini tidak ada penyaringan lagi, tinggal tim melakukan klasifikasi Nagari Wisata Lawang masuk kategori apa dan peringkat berapa," ucap Syatria.

Adapun lima kategori nominasi ini yakni, pertama Daya Tarik Pengunjung. Kategori ini merupakan potensi utama desa wisata yang memiliki keunikan dan keautentikan daya tarik wisata berupa alam dan buatan juga seni dan budaya.

Baca juga: Tato Mentawai dan Perkampungan Adat Sijunjung Pecahkan Rekor MURI

Kedua, Homestay & Toilet. Kotegori ini berfokus pada peningkatan standar kualitas pelayanan homestay serta melestarikan desain arsitektur budaya lokal dan toilet untuk pemenuhan sarana dan prasarana kenyamanan wisatawan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: