Wali Kota Luncurkan Program Inovasi Pandeka Kecamatan ABTB

Kamis, 23 Maret 2023, 12:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Wali Kota Luncurkan Program Inovasi Pandeka Kecamatan ABTB
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar berikan arahan pada peluncuran program Pelayanan Administrasi dan Pengaduan di Kelurahan (Pandeka), yang digagas Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Selasa. (hamriadi)

BUKITTINGGI (21/3/2023) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meluncurkan program Pelayanan Administrasi dan Pengaduan di Kelurahan (Pandeka), yang digagas Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Selasa.

Dalam kesempatannya, Camat ABTB, Hastine Atas Asih mengatakan, ada 4 kegiatan serentak yang dilaksanakan di aula kantor camat setempat, yakni pelayanan PANDEKA melalui WhatsApp (WA), penyerahan kartu BPJS ketenagakerjaan bagi Ketua RT/RW, penyerahan Operasional Rumah Tahfiz dan Penyerahan Operasional Karang Taruna.

"Dengan semakin bertambahnya populasi masyarakat di Kecamatan ABTB, maka sertifikasi intensitas pelayanan kepada masyarakat juga akan semakin bertambah," kata Hastine.

Hastine menceritakan, ada yang menelpon dari rantau menanyakan apa saja syarat pengurusan ahli waris dan sebagainya. Dengan keterbatasan sumber daya yang ada, tidak serta merta membuat ASN sebagai pelayan masyarakat terus membiasakan diri bekerja dengan pola yang sama dari tahun-ketahun.

Baca juga: Pemilu 2024, Dua dari 9 Kursi di Dapil Kota Solok II Diraih Partai Non Parlemen

"Inovasi menurut kami selain diartikan sebagai terobosan baru, poin paling penting dari inovasi itu adalah sesuatu yang dibuat untuk memudahkan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, melalui ASN kantor camat dan di kelurahan yang telah membuat suatu sistem pelayanan yang terpadu melalui WhatsApp, diharapkan masyarakat dapat melaporkan permasalahan lingkungan sekitar seperti lampu jalan yang mati, genangan air, tetangga yang sering ribut malam hari dan lainnya di aplikasi itu.

"Kita memilih program melalui WhatsApp, karena sebagian besar penduduk kita sudah tidak asing lagi dengan penggunaan WhatsApp," paparnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dikesempatan itu mengatakan, BPJS ketenagakerjaan merupakan lembaga negara bukan swasta, jadi uangnya dari rakyat untuk rakyat.

Baca juga: Pemilu 2024; Partai Golkar Kalahkan Partainya Wako dan Wawako di Dapil Kota Solok I, Ini Komposisinya

"Ada 6.000 jiwa yang dibayarkan setiap bulannya melalui APBD. Ini hari pertama kita realisasikan sebesar Rp42 juta. Kita berikan pada ahli waris yang baru saja meninggal karena sakit, yakni salah seorang RT di Kelurahan Belakang Balok," sebut Erman.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: